Realisasi Pembuatan Sumur Dalam (Deep Well) bagi Masyarakat Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas Berdasarkan Data Resistivitas Hasil Survei Geolistrik

  • Muhammad Sehah Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) telah dilaksanakan dengan topik “Realisasi Pembuatan Sumur Dalam (Deep Well) bagi Masyarakat Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas Berdasarkan Data Resistivitas Hasil Survei Geolistrik”. Tujuan kegiatan PKM adalah melakukan realisasi pembuatan sumur dalam berdasarkan hasil-hasil survei geolistrik di sekitar Masjid Sabilul Huda Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas; dan menyerahkannya kepada masyarakat. Kegiatan PKM dilakukan dalam tiga tahap, yaitu survei geolistrik, realisasi pembuatan sumur, dan penyerahan sumur kepada masyarakat. Pengeboran sumur telah dilakukan hingga kedalaman 80 m. Sumur dalam yang telah direalisasikan ini menunjukkan keberadaan air tanah pada kedalaman lebih dari 47 m pada lapisan pasir berbutir halus hingga kasar. Hasil yang diperoleh tersebut hampir sama dengan kedalaman air tanah hasil survei geolistrik, yaitu 47,6 m dengan nilai resistivitas 4,86 – 6,29 m yang diinterpretasi sebagai pasir halus. Berdasarkan hasil observasi menggunakan wawancara dan lembar kuisioner, indeks capaian rata-rata keberhasilan kegiatan PKM adalah 84,19%, dengan nilai tertinggi adalah dukungan terhadap realisasi hasil survei geolistrik dalam bentuk pembuatan sumur, sebesar 92%,; sedangkan nilai terendah adalah memahami materi yang disampaikan oleh tim dosen PKM terkait hasil survei geolistrik dan korelasinya dengan hasil pengeboran, sebesar 75%.

Published
2021-06-08
How to Cite
SEHAH, Muhammad. Realisasi Pembuatan Sumur Dalam (Deep Well) bagi Masyarakat Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas Berdasarkan Data Resistivitas Hasil Survei Geolistrik. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 71 - 77, june 2021. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/4009>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2021.2.01.4009.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.