Studi Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Minat Masyarakat Dalam Penggunaan Sel Surya Sebagai Sumber Energi Baru dan Terbarukan

  • Wahyu Tri Cahyanto

Abstract

Telah dilakukan pengabdian kepada masyarakat berupa pengenalan dan sosialisasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebagai sumber energi alternatif.  Pengenalan dilakukan dengan memberi informasi langsung kepada masyarakat dengan pemasangan panel surya untuk penerangan jalan.  Selanjutnya, dilakukan studi terhadap respon masyarakat akan teknologi yang baru saja dikenal.  Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling dan alat analisis Partial Least Square (SEM-PLS).  Data yang diperoleh dari responden  menunjukkan bahwa teknologi sel surya dapat diterima masyarakat.  Hasil survei menunjukkan sebagian besar masyarakat berniat untuk menggunakan piranti sel surya.  Analisis lebih jauh menunjukkan bahwa sebesar 77,1% niat ini ditentukan oleh faktor pengetahuan dan sikap.  Hasil ini sekaligus membuktikan hipotesis yang diangkat dalam pengamatan ini, yaitu bahwa pengetahuan dan sikap berpengaruh langsung secara signifikan terhadap niat masyarakat untuk menggunakan suatu produk.

Published
2020-12-01
How to Cite
CAHYANTO, Wahyu Tri. Studi Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Minat Masyarakat Dalam Penggunaan Sel Surya Sebagai Sumber Energi Baru dan Terbarukan. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 36 - 39, dec. 2020. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/3312>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2020.1.02.3312.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.