Pelatihan Pembuatan Tungku Hemat Energi Berbahan Dasar Kaleng Bekas dengan Bahan Bakar Sekam Padi untuk Skala Rumah Tangga

  • Muhammad Sehah Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat – Program Penerapan IPTEKS dengan judul “Pelatihan Pembuatan Tungku Hemat Energi Berbahan Dasar Kaleng Bekas dengan Bahan Bakar Sekam Padi untuk Skala Rumah Tangga” telah dilakukan. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan alih teknologi pembuatan tungku hemat energi dari kaleng bekas dengan bahan bakar sekam padi, serta sosialisasi teknis pemanfaatannya bagi masyarakat Desa Nusamangir, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan praktek. Setelah kegiatan dilakukan, sebagian besar peserta telah memberikan respons yang positif serta terdapat keinginan untuk menerapkan dan menyebarluaskannya. Indeks capaian rata-rata keberhasilan kegiatan berdasarkan monitoring menggunakan kuisioner adalah 82,77%, dengan indeks tertinggi 94,64% dan indeks terendah adalah 75,00%. Tingkat pemahaman peserta kegiatan PKM terhadap materi alih teknologi dan sosialisasi yang diberikan cukup optimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi nilai pre-test dan post-test, dimana rata-rata nilai pre-test adalah 4,79, sedangkan rata-rata nilai post-test adalah 7,61. Dengan demikian terdapat kenaikan nilai pre-test ke post-test sebesar 58,95% yang menunjukkan bahwa penyerapan materi PKM oleh peserta telah sesuai dengan yang diharapkan.

Published
2020-12-01
How to Cite
SEHAH, Muhammad. Pelatihan Pembuatan Tungku Hemat Energi Berbahan Dasar Kaleng Bekas dengan Bahan Bakar Sekam Padi untuk Skala Rumah Tangga. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 25 - 30, dec. 2020. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/3300>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2020.1.02.3300.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.