Jurnal READ (Research of Empowerment and Development) dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya.

Manajemen jurnal berkomitmen untuk memberikan ruang yang luas untuk berdiskusi tentang hasil penelitian terkait pemberdayaan dan pembangunan. Jurnal tidak membatasi artikel pada disiplin tertentu. Lebih baik memiliki manuskrip dari berbagai disiplin ilmu mulai dari ilmu politik, sosiologi, pertanian, biologi, kesehatan masyarakat, hingga produksi hewan. Selama naskah memuat isu-isu pemberdayaan dan pengembangan, editor akan mempertimbangkan untuk menerbitkannya.

Sifat multidisiplin jurnal ini merupakan cerminan dari institusi penerbit Pascasarjana. Institusi ini menyelenggarakan beberapa program Pascasarjana mulitdisisipliner: Ilmu Lingkungan, Penyuluhan Pertanian/Pengembangan Masyarakat, Bisnis Pertanian, dan Studi Manajemen.

Jurnal READ (Research of Empowerment and Development) diterbitkan secara berkala 2 kali setahun yaitu pada bulan Maret dan Oktober.