PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI Studi Empiris pada Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta

Main Article Content

Deasy Lestary Kusnandar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian dengan gender sebagai variabel moderasi. Lokasi penelitian ini adalah di Greenhost Boutique hotel yang terletak di Jl. Jl. Gerilya No. 629 Prawirotaman II Brontokusuman Yogyakarta  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang diberikan kepada pengunjung hotel. Kemudian, objek penelitian dalam penelitian ini adalah green product, green price, green place, green promotion dan keputusan pembelian. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 120 responden dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan random sampling. Alat pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala interval 1-7. Responden memberikan jawaban pada rentang jawaban dari sangat tidak setuju hingga sangat setuju. Kemudian, analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modelling (SEM). Analisis ini dibantu dengan menggunakan program komputer AMOS 21.


Dari hasil analisis SEM diketahui pengembangan model berbasis teori dalam penelitian ini sebanyak 5 variabel dan 20 indikator. Penyusunan path diagram dan penyusunan persamaan struktural &measurement model bersumber dari pengembangan tiga substruktur penelitian. Matriks input yang digunakan adalah kovarian dan teknik estimasi yang digunakan adalah metode Maximum Likelihood (ML) Estimation, yang telah tersedia dalam program komputer AMOS 21. Pada tahap Confirmatory Factor Analysis (CFA) ada indikator yang dihilangkan yaitu X16. Kemudian, pada uji validitas konstruk yang terdiri dari construct reliability, variance extracted, convergent validity, dan discriminant validity seluruhnya telah terpenuhi. Pada asumsi SEM yang terdiri dari evaluasi normalitas data, outliers, dan multicolinierity&singularity juga telah memenuhi kriteria yang disyaratkan. Dari 8 kriteria indeks kesesuaian model (goodness of fit test) yang dijadikan acuan dalam penelitian ini, yaitu Chi-Square, Probability, CMIN/DF, GFI, AGFI, TLI, CFI, dan RMSEA, terdapat sebanyak delapan kriteria yang masuk kategori baik dan sisanya sebanyak 2 kriteria masuk kategori marginal. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui: (1) Green Product berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (2) Green Price berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (3) Green Place berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (4) Green Promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (5) Gender memoderasi hubungan green product, (6) Gender memoderasi hubungan green price, (7) Gender memoderasi hubungan green place, (8) Gender tidak memoderasi hubungan green promotion.

Article Details

How to Cite
KUSNANDAR, Deasy Lestary. PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Performance, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 13 - 31, sep. 2017. ISSN 1829-6467. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/310>. Date accessed: 17 jan. 2018. doi: https://doi.org/10.20884/1.performance.2017.24.1.310.
Section
Articles