Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar

  • Ratna Desy Anggraeni Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sumartiningsih Pascasarjana Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Said Junaidi Pascasarjana Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Satria Armanjaya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia

Abstract

Kreativitas guru PJOK sangat dibutuhkan pada jenjang sekolah dasar yang minim akan media pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor orisinalitas kreativitas guru PJOK pada Sekolah Dasar, menganalisis faktor elaborasi kreativitas guru PJOK pada Sekolah Dasar, menganalisis faktor fleksibilitas kreativitas guru PJOK pada Sekolah Dasar di Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini Kepala Sekolah, Guru PJOK, dan Siswa sekolah dasar di Kecamatan Gabus. Teknik validitas empiris meliputi pengujian kesulitan berbagai item tes dan analisis faktor. Reliabilitas dalam penelitian ini seberapa jauh pengukuran yang dilakukan berkali kali akan menghasilkan informasi yang sama. Analisis statistic meliputi analisis deskriptif untuk menghitung mean hipotetik, standard deviasi. Hasil penelitian ini Faktor orisinalitas hasil perhitungan angket berjumlah 19 butir, didapat mean 3,18, standar deviasi 0,15,  r-tabel 0,361, Jumlah varian butir 9,16, varian total 41,27 dan realibilitas 0,833 sehingga faktor orisinalitas tergolong bagus. Faktor elaborasi sebanyak 9 butir soal didapat, mean 2,98, standar deviasi sebesar 0,18, r-tabel 0,361, Jumlah varian butir 5,72, varian total 12,92 dan realibilitas 0,682 sehingga faktor elaborasi tergolong cukup. Faktor fleksibilitas sebanyak 11 butir soal didapat, mean 3,16, standar deviasi sebesar 0,18 , r- tabel 0,361, Jumlah varian butir 6,02, varian total 17,06 dan realibilitas 0,746 sehingga faktor fleksibilitas tergolong cukup. Simpulkan hasil penelitian bahwa dari ketiga faktor kreativitas guru PJOK penerapan faktor orisinalitas tergolong bagus sedangkan faktor elaborasi dan fleksibilitas guru PJOK masih tergolong cukup

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Asiah, N. (2016). Kreatifitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Potensi Kognitif pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP N 4 Sanggar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Corbin, C. B. (2021). Conceptual physical education: A course for the future. Journal of Sport and Health Science, 10(3), 308–322. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.10.004

Fajri, F. W. (2020). Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani Dalam Menyikapi Sarana Prasarana Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Tahun 2018 / 2019. Universitas Negeri Semarang.

Goh, T. L., Moosbrugger, M., & Mello, D. (2020). Experiences of preservice and in-service teachers in a comprehensive school physical activity infusion curriculum. Education Sciences, 10(10), 1–13. https://doi.org/10.3390/educsci10100290

Hall-López, J. A. (2020). Physical Activity Levels in Physical Education Teachers Before and During School Suspension Brought By the Covid-19 Quarantine. Facta Universitatis, Series: Physical Education and Sport, 18(2), 475. https://doi.org/10.22190/fupes200607045h

Ilmi, Z., Darma, D. C., & Azis, M. (2020). Independence in Learning, Education Management, and Industry 4.0: Habitat Indonesia during COVID-19. Journal of Anthropology of Sport and Physical Education, 4(4), 63–66. https://doi.org/10.26773/jaspe.201010

Johnson, J., Daum, D., & Norris, J. (2021). I Need Help! Physical Educators Transition to Distance Learning During COVID-19. The Physical Educator, 78(2), 18666. https://doi.org/10.18666/tpe-2021-v78-i2-10866

Listyani. (2006). Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Permainan Sepakbola Di Sekolah Menengah Pertama. 33 Jpji, 5(1), 33–41.

Qomarrullah, R. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(2), 76–88.

Qoulbi, G. A., & Alnedral. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Kelas XII SMA Negeri 1 Batu Sangkar Dilihat Dari Sudut Perencanaan, Proses, dan Evaluasi. Jurnal Patriot, 2(1), 148–158.

Riza, A. N., Soegiyanto, & Rustiana, E. R. (2012). Kontribusi Disiplin Kerja, Supervisi Akademik Dan Partisipasi Guru Dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Terhadap Kompetensi Pedadogik Guru Penjasorkes SMK Di Kabupaten Jepara. Journal Physical Education and Sport, 1(2), 96–102.

Rizki, W. K., & Yuwono, C. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Era Pandemi pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Jepara. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 327–335.

Sudarsono, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Daring PJOK Masa Pandemi Covid-19 melalui Model Classroom pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Bugangan 03 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 90–104. https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.17

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tangkua, M. A., & Rahayu, T. (2015). Peran Dan Kedudukan Peserta Didik Dalam Penyelenggaraan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di SMA (Studi Exploratif Mengenai Eksistensi PJOK Dari Perspektif Peserta Didik). Journal of Physical Education and Sports, 4(2).

Vilchez, J. A., Kruse, J., Puffer, M., & Dudovitz, R. N. (2021). Teachers and School Health Leaders’ Perspectives on Distance Learning Physical Education During the COVID-19 Pandemic. Journal of School Health, 91(7), 541–549. https://doi.org/10.1111/josh.13030
Published
2023-05-02
How to Cite
ANGGRAENI, Ratna Desy et al. Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 221-230, may 2023. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/8326>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2023.4.2.8326.