Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar PJOK Selama Pandemi Covid-19

  • Boby Agustan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia
  • Ramdhani Rahman Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia
  • Cendiarto Bagusti Panglungguh Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas X IPS 4 Selama Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian siswa Kelas X IPS 4 SMAN 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Deskriptif persentase dengan menggunakan perhitungan analisis data mencari besarnya frekuensi relatif persentase dan pengubahan nilai rata-rata setiap aspek dan kategori menggunakan pedoman acuan Penilaian Acuan Patokan (PAP). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket yang berupa pertanyaan dengan alternatif “ya” atau “tidak”. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data Deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat efektifitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas X IPS 4 selama pandemi covid-19 di SMAN 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes masuk dalam kategori sangat efektif adalah 13,89% (5 orang), kategori efektif adalah 50,% (18 orang), kategori kurang efektif adalah 22,22% (8 orang), dan pada kategori tidak efektif adalah 13,89% (5 orang). Artinya menurut siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Banjarharjo pembelajaran PJOK secara daring cukup efektif dilakukan. Kesimpulan bahwa tingkat efektifitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas X IPS 4 selama pandemi covid-19 di SMAN 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes masuk dalam kategori efektif adalah 50,% (18 orang).

References

Ahmad Jafar S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Siswa SMK di Kecamatan Petarukan. Universitas Negeri Semarang.

Annisa Maulidina F. (2020). Analisis Dampak Pendemik Covid-19 :Proses Pembelajaran Online Dari Sudut Pandang Orang Tua di Desa Jamus. Universitas Negeri Semarang.

Basri Hasan. (2013). Landasa Pendidikan. . Bandung: Pustaka Setia.

Diva, A. S., Chairunnisa, A., & Mufidah, T. H. (2021). Pembelajaran Daring di Masa PandemiCovid-19. Current Research in Education: Series Journal, 1(1), 1–10.

Emilia, J. , I. B., & Luhsasi, D. I. (2021). Evaluasi Implementasi Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 663–671.

Junaedi, A. , & Wisnu, H. (2015). Survei tingkat kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMA, SMK, dan MA Megeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3).

Karyanto, S., & Tandayu, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Daring Terhadap Pengetahuan Belajar Mahasiswa Akuntansi. Journal of Accounting, Finance, Taxation, and Auditing (JAFTA), 2(2), 171–186.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika PembelajarMansyur, Abd Rahim. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.” Education and Learning Journal 1, no. 2 (2020): 113.an Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113.

Michael Molinda. (2005). Instrucsional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus. Ohio.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiantoro, B. (2012). Penelitian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Ramdhani Rahman, & Boby Agustan. (2022). Pandemi Covid-19: Dampaknya Terhadap Mental dan Kebugaran Jasmani Atlet Dayung. Physical Activity Journal (PAJU), 3(2), 181–190.

Rianse, Usman, & Abdi. (2011). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, S. w. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Widiyono,A(2020).Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi COVID 19. Jurnal Pendidikan, (2), 169–177.

Yuniartik, H., Hidayah, T. ., & Nasuka, N. (2017). ). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatn di SLB C Se- Kota Yogyakarta. Jounal of Physcical Education and Sport, 6(2), 148–156.
Published
2023-04-30
How to Cite
AGUSTAN, Boby; RAHMAN, Ramdhani; PANGLUNGGUH, Cendiarto Bagusti. Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar PJOK Selama Pandemi Covid-19. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 173-186, apr. 2023. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/6806>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2023.4.2.6806.