Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal

  • Boby Agustan Prodi PJKR STKIP Muhamadiyah Kuningan
  • Ahmad Roni Hidayat Prodi PJKR, STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Model Play Teach Play menjadi salah satu model pembelajaran yang perlu dikembangkan pada pembelajaran permainan futsal di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan passing dalam permainan futsal melalui model pembelajaran play teach play. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental, dengan desain penelitian yaitu pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Sampel siswa sebanyak 18 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pre-test, treatment dan posttest. Instrumen penelitian mengunakan tes passing futsal yang sudah terstandar. Teknik analisis data menggunakan SPSS dengan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran play teach play terhadap kemampuan passing siswa dalam permainan futsal. Model pembelajaran play teach play efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran penjas dengan materi olahraga permainan, khusunya futsal. Penelitian selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran lain dan bahkan membandingkan antar dua model berbeda untuk mengetahui peningkatkan keterampilan teknik dasar dalam permainan futsal.

References

Adi, H. S., Kristiyanto, A., & Purnama, K. S. (2019). Peningkaasastan Keterampilan Teknik Dasar Futsal Melalui Penggunaan Media Video pada Mahasiswa Putra Penghobi Futsal. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahragasasasasasa (SENALOG), 2(1), 21–24.

Aswadi, Amir, N., & Karimuddin. (2015). Penelitian Tentang Perkembangan Cabang Olahraga Futsal Di Kota Banda Aceh Tahun 2007-2012. Jurnal Ilmiah Mahsiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 1(1), 38–44.

Basri. (2019). Peningkatan Efektivitas Belajar Futsal dengan Modifikasi. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1674–1679.

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., & Stephani, M. R. (2019). The Analysis of Fundamental Movement Skill in Primary School Student in Mountain Range. 11(Icsshpe 2018), 195–198. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.56

Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2021). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/xzh3g

Danu Iksan , Sahputra Rachmat, W. (2013). Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Passing Pada Futsal Dengan Metode Permainan Tradisional Kucing Bola Untuk Siswa Kelas Xi Ips Sma Muhammadiyah Nanga Pinoh. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 1, 59–63.

Eka, G., & Darmawan, B. (2014). Metode Pelatihan Taktis Passing Berpasangan Statis Dan Passing Sambil Bergerak Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Passing Control Bola Futsal. E-Journal PKO, 1(2), 1–13.

Fahrizqi, E. B. (2018). Hubungan Panjang Tungkai, Power Tungkai Dan Koordinasi Mata-Kaki Dengan Kemampuan Passing Pada Pemain Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga Futsal Perguruan Tinggi Teknorat. Journal of S.P.O.R.T, 2(1), 32–42.

Friskawati, G. F., Ilmawati, H., & Suherman, A. (2017). Effect of Personalized System for Instructions (PSI) on Physical Fitness of Senior High School nursing’s student. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 180(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/180/1/012262

Gustiawati, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan. Journal of Sport Science and Education (Jossae), 1(1).

Hadiana, O., Wahidi, R., & Agustan, B. (2020). Efektivitas penerapan video feedback ( VFB ) terhadap motivasi belajar pada pembelajaran futsal. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 184–198.

Hadiana, O., Wahidi, R., Sartono, S., & Agustan, B. (2020). The Impact of Video Feedback Toward Futsal Playing Skills. 21(Icsshpe 2019), 68–70. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.019

Jaenudin, J., Rusdiana, A., & Kusmaedi, N. (2018). Pengembangan Media Latihan Passing Berbasis Arduino Uno dalam Cabang Olahraga Futsal. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 3(1), 47. https://doi.org/10.17509/jtikor.v3i1.9925

Karisman, V. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Voli. Physical Activity Journal, 2(1), 80. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3096

Kharisma, Y., & Mubarok, M. Z. (2020). Analisis Tingkat Daya Tahan Aerobik Pada Atlet Futsal Putri AFKAB Indramayu. Physical Activity Journal, 1(2), 125. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2349

Narlan, A., Juniar, T., Millah, H., Jasmani, J. P., & Keguruan, F. (2017). Pengembangan Instrumen Keterampilan Olahraga Futsal. Jurnal Siliwang, 3(2), 241–247.

Novriza, A. (2015). Hubungan Kecepatan Dengan Keterampilan Passing Bola Atlet Futsal Klub Airlangga Kabupaten Sijunjung. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 16(2), 39–55.

Nur, L., Malik, A. A., Juditya, S., Kastrena, E., Widyawan, D., Agustan, B., … Yang, C. B. (2020). Comparison of two types of instruction in physical education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10), 1785–1793. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300205

Nurhasan dan Hasanudin Chalil. (2007). Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: FPOK Universitas Pendidikan Indonesia.

Permana, R., & Istiadah, F. N. (2018). Play-Teach-Play Terhadap Peningkatan Kebugaran. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1).

Sampurno, H. W., & Qohhar, W. (2020). Perbandingan Gaya Mengajar Terhadap Hasil Shooting Bola Basket. Physical Activity Journal, 1(2), 142. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2493

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv. Bandung: Alfabeta.

Suherman, A. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang Warli Artika.

Sujana, R., Muhtar, T., & Nuryadi, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Motor Educability Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Dan Keterampilan Bermain Sepakbola. Edusentris, 1(3), 260. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i3.150

Ulfah, W. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Play Teach Play Terhadap Hasil Belajar Pasing Bawah Bola Voli Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sungailiat. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 134. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.158

Yuniko, G. (2018). Hubungan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Penjas Siswa Sekolah Dasar Negeri 194 Kabupaten Tebo. 1(1), 61–66.
Published
2021-04-30
How to Cite
AGUSTAN, Boby; HIDAYAT, Ahmad Roni. Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 159-168, apr. 2021. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/3875>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3875.