Profil Kondisi Fisik dan Motif Berprestasi Pada Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola

  • Kartono Pramdhan Program Studi PJKR, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi
  • Rizky Nurdianto Program Studi PJKR, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi
  • Gugun Gunawan Program Studi PJKR, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi

Abstract

Sepakbola merupakan olahraga permainan yang perlu ditunjang dengan kondisi fisik yang baik, selain itu motif berprestasi juga merupakan aspek penting  lainnya yang perlu dimiliki oleh setiap pemain sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan profil kondisi fisik dan motif berprestasi pada siswa ektrakurikuler sepakbola. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa yang mengikuti ekrakurikuler sepakbola di Sekolah Menengah Atas Negeri Serangpanjang dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes kondisi fisik dan pengisian angket motif berprestasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil kondisi fisik siswa yang mengikuti ektrakurikuler sepakbola di SMAN 1 Serangpanjang berada pada kategori sedang. Hasil pengisian angket motif berprestasi menunjukan siswa dalam kategori kurang sekali 0%, kurang 0%, sedang 0%, baik 80% dan baik sekali 20%. Maka dapat disimpulkan bahwa motif berprestasi siswa ektrakurikuler sepakbola SMAN 1 Serangpanjang pada kategori baik dengan 80%. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu siswa ektrakurikuler sepakbola perlu meningkatkan kondisi fisik melalui latihan, serta dapat mempertahankan motif berprestasi sebagai dasar untuk setiap siswa meningkatkan hasil latihan dan dapat menunjang dalam pencapaian prestasi sepakbola di tingkat pelajar

References

Anwar, S. (2013). Survei Teknik Dasar Dan Kondisi Fisik Pada Siswa Sekolah Sepak Bola (Ssb) Se Kabupaten Demak Tahun 2012. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(9), 596–604. https://doi.org/10.15294/active.v2i9.1861

Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports.

Azidman, L. (2017). Profil Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola Sma Negeri 1 Kaur. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1).

Bennike, S., Wikman, J. M., & Ottesen, L. S. (2014). Football Fitness – A New Vesion of Football A Concept for Adult Players in Danish Football Clubs. Denmark: Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sport Volume 24 Number 1.

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

Danurwindo, P. G., & Barry, S. (2014). Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia. Jakarta: Menara Mandiri.

Efendi, R. (2016). Pengaruh Metode Latihan Practice Session, Test Session Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menendang Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 4(1), 91–106.

Hidayat, R., Budi, D. R., Purnamasari, A. D., Febriani, A. R., & Listiandi, A. D. (2020). Faktor Fisik Dominan Penentu Keterampilan Bermain Sepak Takraw. Jurnal MensSana. https://doi.org/10.24036/jm.v5i1.127

Kamnuron, A., Hidayat, Y., & Nuryadi, N. (2020). Perbedaan Kepercayaan Diri Pada Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2394

Kavcic, I., Milic, R., Jourkesh, M., Ostojic, S. M., & Ozkol, M. Z. (2012). Comparative study of measured and predicted vo 2maxduring a multi-stage fitness test with junior soccer players. Kinesiology.

Komarudin. (2010). Penerapan Psikologi Dalam Meningkatkan Penampilan Atlet. Jurnal Kepelatihan Olahraga.

Muskanan, K. (2015). Analisis Motivasi Berprestasi Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Nusa Tenggara Timur. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik). https://doi.org/10.22146/jkap.7608

Nur, L., Malik, A. A., Juditya, S., Kastrena, E., Widyawan, D., Agustan, B., … Yang, C. B. (2020). Comparison of two types of instruction in physical education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10), 1785–1793. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300205

Padmowihardjo, S. (2014). Psikologi Belajar Mengajar. Pengertian Psikologi Belajar Mengajar Dan Definisi Proses Belajar.

Prasetya, Y., & Hariadi, Y. I. (2018). Profil Kondisi Fisik Atlet Persatuan Sepak Bola Malang U-17 (Persema). Indonesia Performance Journal, 2(2), 105–110.

Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1998

Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2172

Saepuloh, E., & Pramdhan, K. (2017). Tingkat Kondisi Fisik Tim Nasional Floorball pada Kejuaraan Asia Oceania Floorball Competition (AOFC). Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.37742/jo.v3i2.76

Satriya, Dikdik, & Imanudin. (2013). Teori Latihan Olahraga (2014th ed.; R. U. Setria, Ed.). Bandung.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherman, A. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang Warli Artika.

Sumarjo. (2017). Peran Psikologi Olahraga Dan Kepelatihan Dalam Olahraga. Journal Warta.

Syafi’i, I., & Setiawan, A. (2019). Koordinasi Mata Dan Kaki Pada Long Passing Sepak Bola. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1993

UU SKN. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. Jakarta: Republik Indonesia.

Wahyudi, D. (2019). Motivasi Berprestasi Atlet Sepakbola Jordus FC Kota Batusangkar. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(1), 126–130.

Zulkarnain, F., & Haqiyah, A. (2018). Pengaruh Metode Latihan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menggiring Bola. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 17–23.
Published
2021-04-30
How to Cite
PRAMDHAN, Kartono; NURDIANTO, Rizky; GUNAWAN, Gugun. Profil Kondisi Fisik dan Motif Berprestasi Pada Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 136-145, apr. 2021. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/3798>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3798.