%A Kurnia, Dedi %A Septiana, Rama Adha %D 2020 %T Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani %K %X Pemanasan merupakan aktivitas penting sebelum melakukan pembelajaran inti dalam pembelajaran penjas. Namun, ketika melakukan pemanasan masih banyak siswa yang melakukannya dengan seadanya dan kadang ada yang tidak mengikutinya dengan alasan bosan dengan gerakannya. Adanya modifikasi pemanasan dengan permainan kecil perlu dilakukan agar siswa berminat untuk mengikuti pembelajaran penjas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan kecil sebagai bentuk pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Populasi sebanyak 128 kelas VIII SMPN 1 Sucinaraja, Kabupaten Garut. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 38 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan angket minat yang sudah diuji validitas dan reliabilitany dengan p =0.88. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada implementasi permainan kecil sebagai bentuk pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani yang ditunjukan dengan uji signifikansi dengan uji T dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa T tabel dengan dk (n-2) = 36 yaitu 1,688 lebih kecil dari T hitung sebesar 434,934 ( 1,688 <  434,934). Modifikasi permainan kecil sebagai pemanasan harus tetap dilakukan dan diperbaharui untuk menjaga minat siswa ketika belajar penjas. %U http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/3302 %J Physical Activity Journal (PAJU) %0 Journal Article %R 10.20884/1.paju.2020.2.1.3302 %P 90-99%V 2 %N 1 %@ 2686-5807 %8 2020-10-30