TY - JOUR AU - Permatasari, Tantie Rafni AU - Febriani, Ayu Rizky AU - Purnamasari, Ajeng Dian AU - Kusuma, Indra Jati AU - Festiawan, Rifqi PY - 2020/10/30 TI - Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Perwasitan Bola Basket JF - Physical Activity Journal (PAJU); Vol 2 No 1 (2020): Physical Activity Journal (PAJU)DO - 10.20884/1.paju.2020.2.1.2691 KW - N2 - Smart Card merupakan media pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam ranah pembelajaran. Smart Card sendiri dapat meningkatkan rasa keingin tahuan mahasiswa dengan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Produk Smart Card ini akan membantu mahasiswa untuk mengerti dan memahami terkati dengan perwasitan bola basket. Metode menggunakan jenis Penelitian Research and Development ( R&D ), yang dilakukan dengan 10 langkah diantaranya: 1. Potensi dan masalah, 2. Pengumpulan data, 3. Desain produk, 4. Validasi desain, 5. Revisi desain, 6. Uji coba produk, 7. Revisi produk, 8. Uji coba pemakaian, 9. Revisi produk, dan 10. Produksi masal. Penelitian ini diuji cobakan pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Jenderal Soedirman. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner pernyataan dengan menggunakan skala likert . Kemudian skor yang diperoleh diolah dan dikonversikan ke dalam kriteria penilaian produk. Hasil Penelitian menunjukan Smart Card Perwasitan Bola Basket sebagai media pembelajaran bola basket memperoleh nilai tingkat kelayakan sebesar 82,61% atau dikategorikan sangat layak, dari pada itu dapat disimpulkan bahwa Smart Card Perwasitan Bola Basket dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani UNSOED. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Smart Card Perwasitan Bola Basket dapat diterapkan menjadi media belajar mahasiswa Pendidikan Jasmani UNSOED. UR - http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/2691