%A Faozi, Faiz %A Sanusi, Hasan %A Listiandi, Arfin Deri %D 2019 %T Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu %K %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam passing bawah permainan bola voli. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran model kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuharatu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-grup pretetst-posttest design. Poulasi penelitian sebanyak 84 siswa dan diambil untuk sempel satu kelas dengan jumlah 35 siswa. adapun teknik sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Instrument penelitian menggunakan tes passing bawah bola voli menurut Fauzi (2011). Data hasil belajar dikumpukan melalui pretest dan posttest. Pada data hasil pretest diperoleh nilai rata-rata 22.51 sedangkan data hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 27.34. Untuk menentukan data berdistribusi normal atau tidak,maka analisis data dilakukan uji t berpasangan pada pretest dan posttest. Hasil analisis dibuktikan pada taraf signifikan a=0,05. Maka hasil dari uji t yaitu memiliki nilai t=9.269 dan sig 000<0,05 maka Ho ditolak atau dapat pengaruh yang signifikan. sehingga analisis dari hasil deskripsi data pretest dan posttest mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli memiliki peningkatan. %U http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/2001 %J Physical Activity Journal (PAJU) %0 Journal Article %R 10.20884/1.paju.2019.1.1.2001 %P 51-60%V 1 %N 1 %@ 2686-5807 %8 2019-10-01