PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI VISITING PATIENT TERHADAP TINGKAT STRES PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT MARGONO SOEKARJO

  • Hasnah Mutfii universitas jenderal soedirman
  • Wahyudin Wahyudin universitas jenderal soedirman
  • Lily Kusumawati Burkon universitas jenderal soedirman
  • Yudhi Wibowo universitas jenderal soedirman
  • Thianti Sylviningrum universitas jenderal soedirman

Abstract

Latar belakang: Stres adalah perasaan psikologis akibat adanya tekanan mental dan dapat memberi respon negatif terhadap kesehatan. Stres dapat berkurang dengan adanya penambahan pengetahuan melalui suatu informasi dan edukasi yang disampaikan dari media aplikasi. Aplikasi visiting patient adalah aplikasi berbasis android berisi tentang keutamaan orang yang sedang sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi visiting patient terhadap tingkat stres pasien rawat inap RS Margono Soekarjo.


Metode: Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif quasi experimental dengan rancangan penelitian pre and post-test with control group design. Teknik pengambilan data secara non random sampling dengan pendekatan consecutive sampling. Jumlah responden 24 kontrol dan 24 intervensi. Pengukuran tingkat stres menggunakan kuesioner Depression and Anxiety Stress Scale (DASS) 21.


Hasil: Rerata tingkat stres pre-test pada kelompok kontrol 9.67 dan pada kelompok intervensi 11.92, sedangkan rerata post-test pada kelompok kontrol 10.67 dan pada kelompok intervensi 10.25. Hasil uji Dependent T-Test kelompok intervensi didapatkan p=0.069 (p>0.05) yang berarti tidak ada perbedaan yang bermakna pada kelompok intervensi, sedangkan kelompok kontrol didapatkan p=0.037 (p<0.05) yang berarti ada perbedaan yang bermakna pada kelompok kontrol. Hasil uji Independent T-Test didapatkan p=0.796 (p>0.05) yang berarti tidak ada perbedaan yang bermakna pada kelompok intervensi dan kontrol.


Kesimpulan: Penggunaan aplikasi visiting patient tidak mempengaruhi tingkat stres pasien rawat inap di RS Margono Soekarjo, tetapi hanya menambah pengetahuan pasien yang setidaknya mampu merubah sikap dan pola pikir.

Published
2022-08-30
How to Cite
MUTFII, Hasnah et al. PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI VISITING PATIENT TERHADAP TINGKAT STRES PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT MARGONO SOEKARJO. Medical and Health Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 77-93, aug. 2022. ISSN 2807-3541. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/mhj/article/view/8020>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.mhj.2022.2.1.8020.
Section
Articles