HUBUNGAN STRATEGI COPING DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA ORANG TUA YANG MEMPUNYAI ANAK USIA SD DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING

  • Vania Sahda Inka Prasanti FK UNSOED

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi berbagai kebijakan di Indonesia seperti penutupan sekolah yang menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring pada anak usia SD memerlukan peran besar orang tua karena kemampuan anak masih terbatas. Kewalahan orang tua dalam melakukan pendampingan pembelajaran daring dapat menimbulkan kecemasan. Penelitian hubungan strategi coping dengan tingkat kecemasan pada orang tua yang mempunyai anak usia SD dalam menghadapi pembelajaran daring di Purwokerto belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan strategi coping dengan tingkat kecemasan pada orang tua yang mempunyai anak usia SD dalam menghadapi pembelajaran daring. Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di SDN 2 Sokaraja Tengah. Subjek penelitian berjumlah 80 orang. Pengambilan sampel diperoleh dari data primer melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Terdapat hubungan signifikan dengan korelasi searah antara strategi coping adaptif terhadap tingkat kecemasan dengan nilai p-value 0,013 (p<0,05) dan strategi coping maladaptif terhadap tingkat kecemasan dengan nilai p-value 0,001 (p<0,05). Analisis kekuatan hubungan yaitu berkorelasi lemah untuk strategi coping adaptif (r=0,276) dan berkorelasi lemah untuk strategi coping maladaptif (r=0,374). Dapat disimpulkan, terdapat hubungan yang signifikan antara strategi coping adaptif dan strategi coping maladaptif dengan tingkat kecemasan pada orang tua yang mempunyai anak usia SD dalam menghadapi pembelajaran daring. Kekuatan hubungan antara strategi coping adaptif dan strategi coping maladaptif terhadap tingkat kecemasan yaitu berkorelasi lemah dengan arah korelasi yang searah.

References

Dewi, R., Anugrah, I. H., Permana, I. Budhiana, J., Melinda, F. 2021. Hubungan Mekanisme Koping dengan Kualitas Hidup pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2. Jurnal Kesehatan Indra Husada. 9(1): 1–9.
Ikawati, I., Murtiwidayanti, S. Y. 2021. Kecemasan Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Sosio Konsepsia. 10(3): 227–240.
Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Deases (Covid-19). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Departemen Kesehatan, Jakarta. 178 hal.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2021. Satuan Pendidikan di Wilayah PPKM Level 1–3 Dapat Laksanakan PTM Terbatas (online). Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. kemdikbud.go.id. Diakses 10 Agustus 2021.
Kinantie, O. A., Hernawaty, T., Hidayati, N. O. 2012. Gambaran Tingkat Stres Siswa SMAN 3 Bandung Kelas XII Menjelang Ujian Nasional 2012. Students e-Journal. 1(1): 1–14.
Lazarus, R., Folkman, S. 1984. Stress, Appraisal, and Coping. McGraw-Hill, New York.
Listyanti, H., Wahyuningsih, R. 2021. Manajemen Stres Orangtua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif. 1(1): 23–48.
Lonto, J. S., Umboh, A., Babakal, A. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Jajan Anak Usia Sekolah (9-12 Tahun) di SD GMIM Sendangan Sonder. Jurnal Keperawatan. 7(1): 1–7.
Maryam, S. 2017. Strategi Coping: Teori dan Sumberdayanya. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa. 1(2):101–107.
Nabella, A., Satria, F. E. Sulandari, S., Daliman. 2021. Babak Baru Makna Pendidikan: Mendedah Faktor Stres Orang Tua dalam Momen Pembelajaran Daring. University Research Colloqium. 13: 176–185.
Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI). 2021. 5 Bulan Pandemi Covid-19 di Indonesia (online). Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. pdskji.org. Diakses 10 Desember 2021.
Satuan Tugas Penanganan Covid-19. 2021. Peta Sebaran Covid-19 (online). Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. covid19.go.id. Diakses 3 Agustus 2021.
Published
2022-10-30
How to Cite
PRASANTI, Vania Sahda Inka. HUBUNGAN STRATEGI COPING DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA ORANG TUA YANG MEMPUNYAI ANAK USIA SD DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING. Mandala Of Health, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 179-190, oct. 2022. ISSN 2615-6954. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/mandala/article/view/5385>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.mandala.2022.15.2.5385.