ANALISIS PRIORITAS MASALAH KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA KOMUNITAS LANSIA PUSKESMAS PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

  • Fitri Diah Oktadewi Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penyakit gigi dan mulut merupakan penyakit yang menyerang segala kelompok umur tak terkecuali pada kelompok lansia. Prosentase penduduk lansia di Indonesia pada tahun 2020 sebanyak11,34% Penyebab terbanyak kehilangan gigi pada lansia adalah akibat karies dan penyakit periodontal. Tahap perencanaan awal untuk penanggulangan masalah kesehatan adalah melakukan analisis prioritas untuk mengetahui penyakit apa yang perlu diutamakan dalam program kesehatan dan kemudian ditetapkan jenis intervensi apa yang perlu diutamakan agar program dapat berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah-masalah gigi dan mulut yang ada pada komunitas lansia di Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas dan menganalisis prioritas masalah kesehatan gigi dan mulut dalam komunitas tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan observasional menggunakan metode Delbecq. Populasi peserta prolanis yang datang ke Puskesmas Patikraja pada tanggal 14 Oktober 2021 yaitu sebanyak 90 peserta. Sampel penelitian berjumlah 52 orang dan ditentukan dengan teknik accidental sampling. Hasil studi menunjukkan bahwa prioritas masalah kesehatan gigi dan mulut pada komunitas lansia Puskesmas Patikraja adalah retained dental root atau karies akar gigi. Rencana program yang dapat dilakukan adalah penyuluhan dan penyebaran leaflet terkait penanganan kasus retained dental root dan pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut lansia.

Published
2022-08-12
How to Cite
OKTADEWI, Fitri Diah. ANALISIS PRIORITAS MASALAH KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA KOMUNITAS LANSIA PUSKESMAS PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 138-147, aug. 2022. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/5415>. Date accessed: 30 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2022.14.2.5415.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.