PENINGKATAN KESEHATAN KERJA DAN MINIMALISASI STRESS KERJA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA PADA PEDAGANG KECIL BERBASIS HUMAN APPROACH DI PURWOKERTO UTARA

  • Suryanto suryanto Jurusan Kesehatan Masyarakat Fikes Unsoed

Abstract

Para pedagang kecil setiap hari mempunyai beban kerja yang tinggi dari pagi sampai sore atau malam hari. Beban kerja fisik dan mental dapat menyebabkan stress kerja dan menurunkan motivasi kerja dalam berwirausaha. Optimalisasi kebugaran fisik pada pedagang kecil penting dilakukan sebagai upaya untuk mencegah timbulnya stress kerja dan untuk meningkatkan motivasi kerja sehari-hari. Kondisi fisik yang bugar bermanfaat untuk melakukan safety behaviour dalam bekerja. Tujuan penelitian adalah mengoptimalkan kebugaran fisik dan meminimalkan stress kerja pada pedagang kecil agar motivasi kerja meningkat dengan berbasis human approach di Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas.  Metode dalam kegiatan ini berfokus pada  Human approach. Intervensi yang dilakukan kepada khalayak sasaran berupa Safety behavior training,  pelatihan senam kebugaran, pelatihan peningkatan motivasi kerja. Pelatihan manajemen organisasi untuk pengurus paguyuban, pendampingan kepada pedagang kecil dan pemberian bantuan modal bergulir kepada paguyuban. Khalayak sasaran ini adalah pedagang kecil di Kecamatan Purwokerto Utara yang berjualan di sekitar kampus Unsoed. Khalayak sasaran dipilih berjumlah 48 orang yang telah mengikuti kegiatan PKM Berbasis Riset tahun I.  Instrumen evaluasi menggunakan kuesioner pre dan pos-tes, lembar observasi dan lembar advokasi. Analisis data dengan uji t pada pre dan pos tes. Hasil Dari 48 peserta setelah melakukan pelatihan sebanyak 5 kali pertemuan menunjukkan perubahan kenaikan pengetahuan tentang kebugaran fisik, stress kerja, kepuasan kerja dan motivasi kerja. Simpulan. Kebugaran fisik pada para pekerja sangat diperlukan untuk menjaga agar para pekerja dapat bekerja sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Saran. Para pekerja disarankan untuk rajin melakukan olah raga ringan seperti jalan pagi, joging, senam kebugaran dan  senam aerobik agar fisik tetap bugar.

Published
2018-01-30
How to Cite
SURYANTO, Suryanto. PENINGKATAN KESEHATAN KERJA DAN MINIMALISASI STRESS KERJA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA PADA PEDAGANG KECIL BERBASIS HUMAN APPROACH DI PURWOKERTO UTARA. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 77-85, jan. 2018. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/477>. Date accessed: 17 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2018.10.1.477.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.