THE UTILIZATION OF GEO VISUALIZA GEO VISUALISASI PENENTUAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH DI KABUPATEN BANYUMAS

GEO VISUALISASI PENENTUAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH DI KABUPATEN BANYUMAS

  • siti nurhayati Authors
  • Kuswanto Kuswanto Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman
  • Mohamad Syafei Jurusan Pendidikan Jasmani, Pendidikan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

ABSTRAK


Peningkatan jumlah penduduk Kabupaten Banyumas berdampak pada peningkatan jumlah timbulan sampah yang harus dikelola. Ketidaksesuaian kemampuan tempat pembuangan akhir sampah dengan jumlah sampah yang dihasilkan penduduk Kabupaten Banyumas, menyebabkan Kabupaten Banyumas mengalami Darurat Sampah. Kabupaten Banyumas membutuhkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang baru karena TPA yang lama sudah tidak layak pakai. Oleh karena itu perlu dilakukan pencarian lokasi yang dapat dijadikan tempat pembuangan akhir sampah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan spasial.  Penentuan lokasi TPA ini dapat menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG), dengan menggunakan metode bobot dan skoring serta overlay peta. Peta yang digunakan adalah peta administrasi, peta sungai, peta penggunaan lahan, peta area beresiko persampahan, peta rawan banjir, peta rawan tanah longsor, peta rawan gempa, peta patahan, peta kelerengan, peta curah hujan, peta kepadatan penduduk. Hasil penelitian ini, alternatif lokasi TPA di Kabupaten Banyumas berada di wilayah 2 kecamatan yaitu Kalibagor dan Purwojati. Kecamatan Kalibagor di desa Srowot, Kalisorga Wetan, Petir, dan Pajerukan. Kecamatan Purwojati ada di desa Purwojati dan Karangtalun Kidul.


 


Kata Kunci: analisis spasial, TPA, sampah

Published
2022-01-30
How to Cite
NURHAYATI, siti; KUSWANTO, Kuswanto; SYAFEI, Mohamad. THE UTILIZATION OF GEO VISUALIZA GEO VISUALISASI PENENTUAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH DI KABUPATEN BANYUMAS. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 24-49, jan. 2022. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/4178>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2022.14.1.4178.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.