EFEKTIVITAS PELATIHAN MANAJEMEN RESIKO DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETRAMPILAN PENDERES

```````````````````````````````````````````````````````````````````````````````

  • nur ulfah karanggintung RT 5 RW 3 Sumbang
  • Budi Aji
  • Siti Harwanti

Abstract

Abstrak


Banyumas merupakan salah satu sentra industri gula kepala. Sekitar 27 ribu kepala keluarga (KK) menggantungkan hidupnya mengolah air nira menjadi gula kelapa. Angka kecelakaan kerja, para penderes nira di Banyumas sangat tinggi. Risiko sebagai penderes nira, tidak hanya kematian namun juga cacat permanen. Tahun 2016 tercatat ada 126 penderes jatuh, 52 orang diantaranya meninggal dan 74 orang mengalami cacat. Tahun 2017, data sampai Oktober sudah ada 138 penderes terjatuh, 53 meninggal dan 85 cacat (Setda Kabupaten Banyumas dalam http//newsdetik.com, agustus 2018)


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan penderes kelapa tentang manajemen resiko kecelakaan kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tingkat pendidikan minimal SMP dan usia produktif. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar kuesioner dan lembar observasi.


Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan responden sebelum dan sesudah pelatihan dengan peningkatan pengetahuan sebesar 15,91%, ada perbedaan sikap responden sebelum dan sesudah pelatihan dengan peningkatan sikap sebesar 4,89%,dan terdapat perbedaan ketrampilan responden sebelum dan sesudah pendampingan dengan peningkatan keterampilan sebesar 50%.


Proses kegiatan pelatihan dan pendampingan sebaiknya bisa di follow up lebih lanjut oleh pihak desa dengan tujuan untuk merubah perilaku penderes kepada perilaku yang aman membutuhkan waktu yang tidak singkat, serta perlu adanya sebuah penelitian terkait dengan faktor kondisi tidak aman dan perilaku tidak aman yang menyebabkan kejadian kecelakaan kerja dengan pendekatan kualitatif.

Published
2020-07-31
How to Cite
ULFAH, nur; AJI, Budi; HARWANTI, Siti. EFEKTIVITAS PELATIHAN MANAJEMEN RESIKO DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETRAMPILAN PENDERES. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 77-83, july 2020. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/1311>. Date accessed: 26 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2020.12.2.1311.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.