PENGEMBANGAN MATERI AJAR PANTUN PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA 4

  • Rahmah Desfitria UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Aninditya Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Pantun merupakan salah satu hal yang tidak terlepas dari masyarakat Indonesia. Dengan kata lain, pantun adalah ciri khas Indonesia. Pantun telah ada sejak zaman dahulu. Akan tetapi dengan adanya berbagai perubahan yang terjadi atas perkembangan zaman, banyak ditemui pantun yang tidak sesuai dengan kaidah penulisannya, seperti suku kata dan rima yang tidak sesuai dengan aturan. Untuk itu, diperlukan adanya edukasi sejak dini terhadap penciptaan pantun khususnya agar pantun yang telah menjadi ciri khas Indonesia tidak hilang ditelan zaman. Materi mengenai pantun ini rupanya sudah diajarkan pada jenjang sekolah dasar atau lebih tepatnya pada kelas V. Untuk itu, tujuan dari penilitian ini adalah mengembangkan materi ajar pantun yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka yang menggunakan dokumen-dokumen seperti buku, jurnal, dan lainnya sebagai acuan. Memahami pantun bukan hanya hafal pengertiannya saja, tetapi perlu mendalami pula dalam kaidah-kaidahnya. Penggunaan pantun pun dapat disesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi karena pantun mempunyai beragam jenis.


Kata Kunci: pantun, aturan, khas

Published
2021-06-11
How to Cite
DESFITRIA, Rahmah; NUGRAHENI, Aninditya Sri. PENGEMBANGAN MATERI AJAR PANTUN PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA 4. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 13-23, june 2021. ISSN 2746-7139. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/3814>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2021.2.1.3814.
Section
Articles