Kritik Sosial Dalam Stand-up Comedy

  • Muhammad Arviandi Hakim Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Agus Ganjar Runtiko Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Tri Nugroho Adi Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Pandji Pragiwaksono yang merupakan pelaku stand up comedy menghasilkan karya berupa pertunjukkan yang berjudul Hiduplah Indonesia Maya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu penggambaran kritik sosial dalam pertunjukkan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model penelitian wacana kritis dari Norman Fairclough. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yakni observasi non-partisipan dengan menonton video pertunjukkan dari Pandji Pragiwaksono dan juga studi pustaka dengan mencari tulisan-tulisan baik itu di jurnal maupun buku untuk mencari tahu tentang pementasan stand up comedy dan kritik sosial. Teknik pemilihan teks dalam penelitian ini adalah video stand up comedy Pandji Pragiwaksono yang berjudul Hiduplah Indonesia Maya yang berdurasi selama 1:08:06. Pengembangan validitas data yang digunakan adalah proses validasi data dengan menekankan pada uji kredibilitas.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandji Pragiwaksono menjelaskan banyak hal terkait kondisi masyarakat Indonesia. Analisis praktik wacana yang muncul di Hiduplah Indonesia Maya adalah pembahasan mengenai pola pergaulan, masyarakat melek politik, persaingan pemilihan presiden tahun 2019, ketersinggungan dan moralitas. Perubahan pola komunikasi dan bebasnya akses dari sosial media juga menjadi dasar pembahasan tersebut disampaikan oleh Pandji Pragiwaksono. Wacana tersebut dibentuk karena menjadi persoalan yang banyak dibicarakan baik di media social maupun lingkup masyarakat

Author Biographies

Muhammad Arviandi Hakim, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Agus Ganjar Runtiko, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Tri Nugroho Adi, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

References

Alam, S. (2016). Stand Up Comedy Indonesia sebagai Media Kritik Sosial (Analisis Wacana Stand Up Comedy Indonesia Season 4 di Kompas TV). Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.
Denzin, & Lincoln. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Habermas, J. (2001). Ruang Publik: Sebuah Kajian Tentang Kategori Masyarakat Borjuis. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Jannah, Miftahul. (2019). Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Terhadap Kontroversi Puisi “Ibu Indonesia” karya Sukmawati Soekarnoputri. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
Krisyanto, R. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mastufpah, A. (2018). Pesan Persatuan Indonesia Dalam Stan Up Comedy Pandji Pragiwaksono (Kajian Stand up Spesial Mesakke Bangsaku). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Poespowardojo, S., & Alexander, S. (2016). Diskursus Teori-Teori Kritis. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
Stott, A. (2004). Comedy. London: Routledge.
Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2022-12-11
How to Cite
HAKIM, Muhammad Arviandi; RUNTIKO, Agus Ganjar; ADI, Tri Nugroho. Kritik Sosial Dalam Stand-up Comedy. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 2, n. 02, p. 16 - 24, dec. 2022. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/7741>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jomik.v2i02.7741.