Strategi Media Relations pada Humas dalam Membentuk Citra Pemerintah Kabupaten Banyumas

  • Sifahannisa Sifahannisa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Wisnu Widjanarko Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Dian Bestari Santi Rahayu Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi media relations yang diterapkan oleh Humas Protokol dan Komunikasi Pimpinan dalam membentuk Citra Pemerintah Kabupaten Banyumas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua strategi media relations yang diterapkan oleh Humas Protokol dan Komunikasi Pimpinan dalam membentuk Citra Pemerintah Kabupaten Banyumas, yaitu mengelola relasi dan mengelola jaringan media. Manajemen hubungan yang dilakukan oleh Humas Prokompin dan Media adalah melalui hubungan interpersonal dengan menciptakan kedekatan dan keakraban, selanjutnya melalui hubungan formal yang dibangun dengan kerja sama, program humas, dsb. Kendala atau hambatan yang dihadapi adalah perbedaan kepentingan antara humas dan wartwan sehingga press release yang dibuat oleh humas tidak sepaham dengan apa yang diinginkan oleh wartawan. Kendala lainnya adalah keterlambatan informasi mengenai agenda pimpinan atau kebijakan pemerintah yang mempengaruhi kinerja dari wartawan. Solusi yang dilakukan oleh Humas Prokompin mengenai permasalahan tadi dengan melakukan counter attack, mediasi, dan hak jawab.

Author Biographies

Sifahannisa Sifahannisa, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Wisnu Widjanarko, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dian Bestari Santi Rahayu, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

References

Adnin, S.D, Suherdiana, D, Maarif, A.A. (2021). Strategi Media Relations dalam Membangun
Reputasi Perusahaan. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2021) 205-226. Doi:https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.710
Creswell, John W, (2014), Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Darmastuti, Rini. (2012). Media Relations – Konsep, Strategi, dan Aplikasi, Yogyakarta: Penerbit ANDI
Hodgetts, D. J., & Stolte, O. M. E. (2012). Case-based research in community and social pychology: Introduction to the special issue. Journal of Community & Applied Social Psychology, 22, 379–389. doi: 10.1002/casp.2124
Kasmirus, Wiji. (2013). Peran Humas Dalam Membangun Citra Pemerintah di Kabupaten Kutai
Barat. Jurnal Administrasi Reform, Vol.1 No.1 Doi: 10.30872/JAR
Kriyantono, R. (2014). Teori public relations perspektif barat dan lokal: Aplikasi penelitian dan
praktik. Jakarta, Indonesia: Kencana.
Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi (Konsep dan
Aplikasi). Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Silviani, I. (2020). Public Relations Sebagai Komunikasi Krisis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
Soemirat, Soleh & Ardianto Elvinaro. (2016). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT.
Rosdakarya.
Published
2022-12-08
How to Cite
SIFAHANNISA, Sifahannisa; WIDJANARKO, Wisnu; SANTI RAHAYU, Dian Bestari. Strategi Media Relations pada Humas dalam Membentuk Citra Pemerintah Kabupaten Banyumas. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 2, n. 02, p. 31 - 41, dec. 2022. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/6639>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jomik.v2i02.6639.