Analisis Retorika Agen PT Asuransi Allianz dalam Menarik Minat Nasabah di Kota Bogor

  • Novia Kharisma Putri Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Sri Pangestuti Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Bambang Widodo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana retorika seorang agen Asuransi Allianz dalam menarik minat nasabah di Kota Bogor. Memilih di Kota Bogor karena kantor Allianz di Kota Bogor adalah kantor pemasaran bukan kantor pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan video dokumentasi informan. Subjek dalam penelitian ini adalah agen Asuransi Allianz di Kota Bogor yang sudah berstatus atau bertingkat platinum. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam penyampaian pesan yang disampaikan kepada calon nasabah oleh agen asuransi terdapat persiapan, penyusunan, gaya, pengingat, dan penyampaiannya. Kelima tersebut menjadi patokan agen dalam menarik minat calon nasabah di Kota Bogor. Setiap agen mempunyai gaya dan penyampaian pesan yang berbeda-beda untuk menarik minat calon nasabah.

Author Biographies

Sri Pangestuti, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Bambang Widodo, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

References

Borchers, Timothy A. (2013). Persuasion in the media age. Illinois: Waveland Press Inc.
Burke, Michael. (2014). The routledge handbook of stylistics. London: Routledge.
Ferrari, Federica. (2018). Metaphor and persuasion in strategic communication: sustainable perspectives. New York: Routledge.
Indika, Deru R. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1).
Keeraf, Gorys. (2010). Diksidan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Komariah, Aan., & Djam’an Satori. (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Littlejohn, Stephen W., & Karen A. Foss. (2011). Teori komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.
_______. (2011). Teori komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Martin, Jr., (2008). Hypertension guidelines: revisiting the jnc 7 recommendations. The Journal of Lancaster General Hospital, 3(3).
Munawir S., (2017). Analisis laporan keuangan, Liberty: Yogtakarta.
Oka, IG.N., & Basuki. (2019). Retorik: kiat bertutur. Malang: YA 3 Malang.
Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-12-08
How to Cite
PUTRI, Novia Kharisma; PANGESTUTI, Sri; WIDODO, Bambang. Analisis Retorika Agen PT Asuransi Allianz dalam Menarik Minat Nasabah di Kota Bogor. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 2, n. 02, p. 25 - 30, dec. 2022. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4129>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jomik.v2i02.4129.