%A Putri, Novia Kharisma %A Pangestuti, Sri %A Widodo, Bambang %D 2022 %T Analisis Retorika Agen PT Asuransi Allianz dalam Menarik Minat Nasabah di Kota Bogor %K %X Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana retorika seorang agen Asuransi Allianz dalam menarik minat nasabah di Kota Bogor. Memilih di Kota Bogor karena kantor Allianz di Kota Bogor adalah kantor pemasaran bukan kantor pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan video dokumentasi informan. Subjek dalam penelitian ini adalah agen Asuransi Allianz di Kota Bogor yang sudah berstatus atau bertingkat platinum. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam penyampaian pesan yang disampaikan kepada calon nasabah oleh agen asuransi terdapat persiapan, penyusunan, gaya, pengingat, dan penyampaiannya. Kelima tersebut menjadi patokan agen dalam menarik minat calon nasabah di Kota Bogor. Setiap agen mempunyai gaya dan penyampaian pesan yang berbeda-beda untuk menarik minat calon nasabah. %U http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4129 %J JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023) %0 Journal Article %R 10.20884/jomik.v2i02.4129 %P 25-30%V 2 %N 02 %@ 2797-1023 %8 2022-12-08