ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA TOPIK PERSAMAAN GARIS BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal geometri analitik pada topik persamaan garis menggunakan Newman Error Analysis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah 11 orang mahasiswa program studi Pendidikan Matematika angkatan 2021 semester 2 pada salah satu universitas di Bandung. Prosedur pengumpulan data melalui tes tertulis, dokumentasi, dan wawancara. Data hasil tes tertulis mahasiswa dianalisis menggunakan teori kesalahan Newman dan dilengkapi dengan data dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sering terjadi adalah procces skill error, comprehention error, dan encoding error. Secara umum hal tersebut disebabkan oleh kurangnya ketelitian mahasiswa memahami soal dan mengoperasikan perhitungan, tidak paham konsep yang harus digunakan, dan tidak menuliskan kembali jawaban dari permasalahan soal tersebut.