MODEL MATEMATIKA KANKER NASOFARING DENGAN RADIOTERAPI

  • Maulan Aziz Syafii Program Studi Matematika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Yudi Ari Adi Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Karsinoma nasofaring merupakan keganasan pada kepala dan leher yang terletak di nasofaring. Penyakit ini ditandai oleh serangkaian fitur geografis, etiologis dan biologis yang unik yang berbeda dari kanker kepala dan leher lainnya. Lanskap molekuler kanker nasofaring ditentukan oleh serangkaian variasi epigenetik genetik dan familial dan somatik, yang sebagian besar kanker nasofaring bercampur dengan infeksi virus Epstein-Barr (EBV) laten menghasilkan fenotipe ganas. Ada beberapa cara untuk mengobati kanker nasofaring, salah satunya adalah radioterapi. Penelitian ini akan membentuk model matematis empat persamaan diferensial biasa dengan empat variabel. Analisis stabilitas dalam penelitian ini adalah mempelajari suatu sistem dengan tujuan untuk mengetahui bentuk kestabilan titik-titik kesetimbangan pada masing-masing komponen titik kesetimbangan dalam model, sehingga dapat diketahui kapan komponenn titik-titik ekuibrium dari populasi sel laten, populasi sel yang terinfeksi, populasi invasif karsinoma, dan konsentrasi Radioterapi mencapai titik penyembuhan. Hasil penelitian menunjukkan dua titik kesetimbangan yaitu titik kesetimbangan bebas penyakit dengan  dan titik ekuilibrium endemik untuk kanker nasofaring  dengan memberikan dosis tertentu.

Published
2021-12-07
How to Cite
SYAFII, Maulan Aziz; ADI, Yudi Ari. MODEL MATEMATIKA KANKER NASOFARING DENGAN RADIOTERAPI. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 13-26, dec. 2021. ISSN 2550-0422. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jmp/article/view/4705>. Date accessed: 08 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.20884/1.jmp.2021.13.2.4705.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.