EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI KABUPATEN SUKOHARJO

  • Lukman Harun IKIP PGRI Semarang

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) apakah pembelajaran  CTL lebih baik daripada ekspositori, (2) apakah siswa memiliki kemampuan awal tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada sedang dan rendah, (3) apakah perbedaan pembelajaran CTL dan ekspositori tergantung kepada kemampuan awal. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik analisis datanya menggunakan analisis variansi dua jalan 2 x 3 dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis disimpulkan: (1) CTL menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan ekspositori pada materi segi empat, (2) Prestasi belajar matematika siswa kemampuan awal tinggi lebih baik daripada siswa yang sedang dan rendah serta prestasi belajar matematika siswa kemampuan awal sedang lebih baik daripada siswa yang rendah pada materi segi empat, (3.a) Siswa kemampuan awal tinggi dan rendah mempunyai prestasi yang lebih baik pada pembelajaran dengan CTL (3.b) Pada pembelajaran dengan CTL maupun ekspositori, siswa kemampuan awal tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan siswa  sedang dan rendah, siswa dengan kemampuan awal sedang lebih baik dibandingkan siswa yang rendah.

Published
2012-06-29
How to Cite
HARUN, Lukman. EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI KABUPATEN SUKOHARJO. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 197 - 206, june 2012. ISSN 2550-0422. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jmp/article/view/2955>. Date accessed: 08 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.20884/1.jmp.2012.4.1.2955.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.