%A Herlina, Herlina %A Surya Mulyana, Teady Matius %D 2020 %T ANALISIS PERSEPSI DAN HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BAHASA PEMROGRAMAN %K %X ABSTRACT. Mathematics is the basis before learning coding-based courses. This type of research is quantitative descriptive. Sample of 110 informatics engineering students. The results of the study showed a significant association of learning outcomes in mathematics with the achievement of learning programming languages. The magnification coefficient of 0.663 has a moderate and positive meaning. The contribution of mathematics in explaining programming languages is 43.97% and the remaining 56.03% is accepted by other variables. Students' perceptions of mathematics and programming languages consist of four levels of understanding, namely the five senses, analysis, interpretation and evaluation. Every level of dimension. On the sensory dimension of 31.9% mathematics has a close relationship with programming languages. In the dimensions of analysis and interpretation, the value of the percentage of perceptions that are almost the same namely 21.24% and 21.14% associate mathematical concepts with the concepts of programming languages. In the evaluation dimension of 20.6%, it shows that in programming languages, students need information other than mathematics, namely the purpose of the programming language that is being designed. Keywords: Mathematics, Programming Language, Learning Achievement, Perception. ABSTRAK. Matematika merupakan dasar sebelum belajar mata kuliah berbasis koding. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel 110 mahasiswa teknik informatika. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan prestasi belajar matematika dengan prestasi belajar bahasa pemrograman. Koefisien korelasi sebesar 0,663 memiliki arti sedang dan positif. Kontribusi matematika dalam menjelaskan bahasa pemrograman sebesar 43,97% dan sisanya 56,03% dijelaskan oleh variabel lain. Persepsi mahasiswa mengenai hubungan matematika dan dengan bahasa pemrograman, terdiri dari empat tingkatan yaitu panca indra, analisa, interprestasi dan evaluasi. Setiap tingkatan dimensi variabel persepsi memiliki persentase yang makin kecil. Pada dimensi panca indra sebesar 31,9% matematika memiliki hubungan yang erat dengan bahasa pemrograman. Pada dimensi analisa dan interprestasi, nilai persentase persepsi yang hampir sama yaitu 21,24% dan 21,14% mengaitkan konsep matematika dengan konsep bahasa pemrograman. Pada dimensi evaluasi sebesar 20,6% menunjukkan bahwa dalam evaluasi bahasa pemrograman, mahasiswa memerlukan informasi lain selain dari matematika yaitu tujuan dari bahasa pemroragraman yang sedang di rancang. Kata Kunci: Matematika, Bahasa Pemrograman, Prestasi Belajar, Persepsi. %U http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jmp/article/view/1932 %J Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika %0 Journal Article %R 10.20884/1.jmp.2020.12.1.1932 %P 1-10%V 11 %N 1 %@ 2550-0422 %8 2020-05-18