Melacak Jejak Karakter Fiksi Idola Anak:
Media Pendidikan Karakter dalam Industri Kreatif
Abstract
Sosok idola dalam dunia anak-anak berperan penting dalam proses pembentukan karakter. Anak-anak cenderung meniru hal-hal yang berkaitan dengan sosok idolanya, bahkan menjadikannya sebagai panutan. Oleh karena itu, kepedulian terhadap sosok idola anak-anak menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap seperti apakah karakter fiksi yang menjadi idola anak, dan bagaimana proses, pola sehingga sesosok karakter fiksi menjadi idola. Penelitian ini adalah kualitatif fenomenologis. Penelitian ini melibatkan enam belas partisipan yang pada tahun 2019 berusia 20-21 tahun. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesinoner. wawancara mendalam, Focused Group Discussion (FGD). Penelitian ini mengungkap bahwa sosok idola anak yang mempunyai tahun kelahiran 1999-2000 (tahun 2019 berusia 19-20 tahun) adalah karakter yang mempunyai sifat cerdas, ceria, pemberani, dan baik hati. Adapun proses pengenalan terhadap sosok idola ini dimulai menonton film di televisi, baik yang diawali dengan kesengajaan maupun ketidaksengajaan. Selain itu, proses karakter fiksi menjadi sosok idola juga berawal dari pembicaraan dengan teman-teman sepermainan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.
References
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Koentjaraningrat. (1985). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.
Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Nondikotomik (Upaya Membangun Bangsa Indonesia Seutuhnya). Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 137-152. doi:10.21831/jpk.v2i2.1435
Redawati, A. C. (2017). Pembentukan Akhlak ANak di Kota Metro Lampung Melalui Film Kartun Doraemon. Jurnal Penelitian, 11(1), 1-24. Diambil kembali dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/download/2168/pdf
Santrock, J. W. (2013). Life-span Development: Perkembangan Masa Hidup (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.
Spradley, J. P. (2007). Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widjaja, A. K., & Ali, M. M. (2015). Gambaran Celebrity Worship pada Dewasa Awal di Jakarta. HUMANIORA, 6(1), 21-28. doi:https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i1.3294
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with J-Litera: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Budaya Jepang agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.