PERILAKU KONSUMSI PRODUK KOSMETIK DI KALANGAN MAHASISWA LAKI-LAKI UNSOED

  • Dinda Anisa Juliarty Jurusan Sosiologi UNSOED

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  motif  mahasiswa  laki-laki  Unsoed menggunakan kosmetik, dan yang kedua mendeskripsikan perilaku konsumsi produk kosmetik di kalangan mahasiswa laki-laki Unsoed. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam sebanyak enam informan utama dan 10 informan pendukung, dokumentasi, dan observasi. Teknik sampling yang digunakan snowball sampling dan purposive sampling dengan kriteria mahasiswa laki-laki Unsoed, berpenampilan menarik, menggunakan kosmetik dekoratif dan menggunakan produk perawatan kulit. Lokasi penelitian di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan Analisis Interaktif dari Milles dan Huberman yang komponennya terdiri atas Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menemukan motif mahasiswa laki- laki Unsoed dalam menggunakan produk kosmetik dibagi menjadi dua yaitu motif dari dalam seperti meningkatkan percaya diri, menyamarkan noda pada jerawat, serta memiliki masalah pada kulit wajah. Sedangkan motif dari luar individu meliputi adanya dukungan dari orangtua dan adanya kasus pembully-an. Sebanyak empat informan utama menggunakan produk kosmetik dekoratif yang berupa faoundation, bedak, eyeliner, eyebrow, lipstik, serta eyeshadow. Sedangkan dua informan utama lainnya menggunakan produk perawatan kulit atau skin care, seperti serangkaian produk dari klinik kecantikan dan produk dari Jepang. Alokasi dana oleh mahasiswa laki-laki Unsoed untuk membeli produk kosmetik dekoratif dan serangkaian perawatan kulit lainnya. Meskipun stereotipe masih melekat pada masyarakat yang menganggap bahwa laki-laki menggunakan kosmetik dianggap tidak gagah, macho, dan menyimpang, akan tetapi seiring dengan orientasi dan kebutuhan akan perawatan, fenomena penggunaan kosmetik telah banyak digunakan oleh laki-laki. 

Published
2020-06-27
How to Cite
JULIARTY, Dinda Anisa. PERILAKU KONSUMSI PRODUK KOSMETIK DI KALANGAN MAHASISWA LAKI-LAKI UNSOED. Jurnal Interaksi, [S.l.], v. 3, n. 12, p. 85-94, june 2020. ISSN 1412-7229. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/2702>. Date accessed: 07 july 2020.