MERAJUT TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN INKLUSIF

  • Ankarlina Pandu Primadata Jurusan Sosiologi UNSOED

Abstract

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan kepada seluruh rakyat Indoensia melalui pemerintah Indonesia untuk memberikan hak yang sama kepada rakyat Indonesia dalam memperoleh Pendidikan. Amanat tentang hak atas pendidikan tersebut tertuang dalam BAB IV Bagian Kesatu Tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara Pasal 5 Ayat 1-5. Berangkat dari amanat yang disampaikan dalam undang-undang di atas, dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali. Beberapa waktu yang lalu, dunia pendidikan di Indonesia sempat menjadi sorotan masyarakat, dimana banyak sekali kasus kekerasan, diskriminasi, bullying hingga pelecehan seksual yang dilakukan baik oleh guru maupun siswa. Dalam dunia pendidikan, lunturnya nilai toleransi dapat muncul dari perbedaan seorang anak dalam hal fisik, komunikasi, mental, perilaku, dan sikap yang pada akhirnya dapat memunculkan sikap diskriminasi bahkan bullying pada anak tersebut. Salah satu hal yang saat ini telah dilakukan dalam dunia pendidikan di Indonesia dalam membangun pluralisme adalah menyediakan layanan pendidikan inklusif. Pendidikan inklusif memberikan harapan baru bagi anak berkebutuhan khusus agar dapat mengenyam pendidikan formal pada sekolah umum tanpa takut merasa terisolasi dari lingkungan masyarakat. Pendidikan inklusif dapat menjadi sarana untuk membangun toleransi, menghapus stigma, diskriminasi dan labelisasi yang melekat pada anak berkebutuhan khusus. Melalui pendidikan inklusif, masyarakat disosialisasikan kepada wajah baru pendidikan di Indonesia, yang menggabungkan anak berkebutuhan khusus dengan anak normal, dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat menerima bahwa anak berkebutuhan khusus pun mempunyai hak yang sama dengan anak normal dalam hal pendidikan.

Published
2020-06-27
How to Cite
PRIMADATA, Ankarlina Pandu. MERAJUT TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN INKLUSIF. Jurnal Interaksi, [S.l.], v. 3, n. 12, p. 69-74, june 2020. ISSN 1412-7229. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/2700>. Date accessed: 07 july 2020.