KONSEPSI CANTIK DAN MENJADI CANTIK MAHASISWA PAPUA DI UNSOED

: ANTARA INSTAGRAM DAN YOUTUBE

  • Erti Selfina Mayofu Jurusan Sosiologi UNSOED

Abstract

Instagram dan YouTube adalah media untuk berbagi gambar dan video yang dapat menarik perhatian setiap orang terutama perempuan yang ingin tampil cantik. Namun, pandangan perempuan berbeda-beda tentang kecantikan oleh karena itu penelitian ini diberi judul “Konsepsi Cantik dan Menjadi Cantik Mahasiswa Papua di UNSOED : Antara  Instagram dan YouTube”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pandangan mahasiswa Papua tentang perempuan cantik dalam Instagram dan YouTube, konsep cantik, upayanya menjadi cantik, dan rujukan kecantikan pada Instagram dan YouTube. Lokasi penelitian ini di daerah sekitar kampus UNSOED. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan sasaran penelitian ini adalah mahasiswa Papua. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perempuan cantik di Instagram dan YouTube sangat memberi motivasi, edukasi (proses belajar), pengalaman, adanya rasa ingin tahu dan menemukan persamaan karakter kulit dan rambut sehingga banyak selebgram cantik yang memberikan tutorial. Konsep cantik dari penelitian ini adalah perempuan dapat menerima diri, percaya akan setiap karakter apa adanya diri dan mulai mengenal produk kosmetik yang digunakan oleh selebgram. Dengan mengenal selebgram rujukan, adanya upaya yang dilakukan yaitu dengan mengaplikasikan setiap proses langkah perawatan wajah, rambut dan  fashion, selebgram yang dirujuk adalah mereka yang berkulit hitam, sawo matang, rambut keriting dan rambut berombak yang berasal dari negara Afrika, Amerika, Filipina dan Indonesia.

Published
2020-06-27
How to Cite
MAYOFU, Erti Selfina. KONSEPSI CANTIK DAN MENJADI CANTIK MAHASISWA PAPUA DI UNSOED. Jurnal Interaksi, [S.l.], v. 3, n. 12, p. 62-68, june 2020. ISSN 1412-7229. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/2699>. Date accessed: 13 july 2020.