Pendidikan Politik Melalui Kegiatan Organisasi Mahasiswa IKIP Gunungsitoli (Sosialisasi Politik di Lingkungan Mahasiswa IKIP Gunungsitoli)

  • Berkat Persada Lase Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Gunungsitoli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran Organisasi Mahasiswa IKIP Gunungsitoli, serta  mengidentifikasi hambatan yang dihadapi Organisasi Mahasiswa IKIP Gunungsitoli dalam kaitannya dengan  pendidikan politik bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi.  Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Peranan organisasi mahasiswa IKIP Gunungsitoli dalam kaitannya dengan pendidikan politik bagi mahasiswa yaitu membentuk kepribadian politik mahasiswa melalui sikap dan prilaku yang berjanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menanamkan kesadaran politik mahasiswa dalam menghayati hak dan kewajibannya serta kepedulian terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan, dan meningkatkan partisipasi politik mahasiswa terhadap kegiatan politik baik dalam organisasi maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peran organisasi mahasiswa sebagai wadah pendidikan politik, diselenggarakan melalui bidang kegiatan keorganisasian. Adapun bidang kegiatan organisasi mahasiswa tersebut antara lain : bidang penalaran dan keilmuan, bidang pengembangan minat dan bakat, bidang pengembangan organisasi, bidang sosial kemasyarakatan, serta aksi mahasiswa. Adapun hambatan yang dihadapi organisasi mahasiswa IKIP Gunungsitoli dalam pelaksanaan pendidikan politik bagi mahasiswa terdiri dari  faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi  sumber dana dan  komunikasi yang kurang efektif dalam organisasi mahasiswa IKIP Gunungsitoli. Faktor  eksternal yang menjadi hambatan pelaksanaan pendidikan adalah sikap apatis mahasiswa, dan image negatif organisasi mahasiswa IKIP Gunungsitoli.

Published
2020-06-27
How to Cite
LASE, Berkat Persada. Pendidikan Politik Melalui Kegiatan Organisasi Mahasiswa IKIP Gunungsitoli (Sosialisasi Politik di Lingkungan Mahasiswa IKIP Gunungsitoli). Jurnal Interaksi, [S.l.], v. 3, n. 12, p. 33-42, june 2020. ISSN 1412-7229. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/2696>. Date accessed: 13 july 2020.