ANALISIS KANDUNGAN FORMALIN PADA IKAN ASIN DI PASAR TRADISIONAL SUKABUMI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PENGETAHUAN PENJUAL TENTANG FORMALIN

  • siti ulfah fauzia hasanah Universitas Djuanda Bogor

Abstract

Ikan merupakan bahan pangan yang sering dijadikan sumber protein hewani oleh manusia, ikan merupakan bahan pangan yang sangat mudah membusuk, agar tidak cepat busuk maka ikan bisa diawetkan dengan penggaraman dan penjemuran, tetapi banyak produsen bahkan penjual yang menambahkan formalin kedalam ikan asin agar lebih awet. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kandungan formalin pada ikan asin dan pegetahuan pedagangnya di pasar X dan Y Sukabumi serta korelasi keduanya. Analisis kandungan formalin menggunakan test kit, sedangkan analisis pengetahuan pedagang tentang formalin menggunakan data kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji chi square dan fisher exact test untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan pedagang tentang formalin dengan penggunaan formalin. Hasilnya didapatkan bahwa 4 dari 30 sampel ikan asin mengandung formalin. Analisis pengetahuan tentang formalin didapatkan hasil bahwa 9 penjual memiliki pengetahuan tinggi dan 6 orang memiliki pengetahuan rendah tentang formalin. Hasil analisis chi square didapatkan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan formalin pada ikan asin dengan pengetahuan penjual tentang formalin dengan nilai signifikasi 0,634 (P>0,05) dan nilai fisher exact test sebesar 1 (>0,05)

Published
2021-11-24
How to Cite
HASANAH, siti ulfah fauzia. ANALISIS KANDUNGAN FORMALIN PADA IKAN ASIN DI PASAR TRADISIONAL SUKABUMI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PENGETAHUAN PENJUAL TENTANG FORMALIN. Jurnal Gizi dan Pangan Soedirman, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 18-34, nov. 2021. ISSN 2599-2465. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jgps/article/view/4569>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jgipas.2021.5.2.4569.