Announcements

Etika Publikasi

2020-02-18

Kode etik penerbitan ini merupakan pernyataan semua pihak yang terlibat dalam proses kegiatan publikasi jurnal pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis naskah (author).

Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu;

  1. Netral, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; 
  2. Adil, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan penyusun
  3. Jujur, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi
  4. Santun, yakni berjuang mewujudkan keadilan sosial dalam proses publikasi.

Tanggungjawab Editor;

  • Editor bertanggungjawab dalam memutuskan artikel yang layak dan baik pada saat dipublikasikan melalui rapat dewan redaksi. Editor dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. 
  • Dalam proses penerimaan artikel, tim editor berasaskan pada asas kesamaan perlakuan. 
  • Dalam proses review jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim editor tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis. 
  • Editor dan tim editorial tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya. 
  • Naskah (artikel) yang tidak diterbitkan setelah diajukan tidak akan digunakan oleh penelitian editor sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya. 

Tanggungjawab Reviewer;

  • Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi arikel yang direview 
  • Review naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas. 
  • Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview. 
  • Reviewer bertanggungjawab terhadap waktu yang disepakati dalam mereview naskah.
  • Reviewer menjaga kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi. 

Tanggungjawab Penulis

  • Penulis harus menyajikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa plagiasi, dan manipulasi data. 
  • Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis. 
  • Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain. 
  • Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  • Penulis harus menulis naskah atau artikel secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan kepenulisan ilmiah yang berlaku. 
  • Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi. 
  • Penulis tidak berkeberatan jika naksah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.
Read more about Etika Publikasi

Jurnal of Community Health Development (JCHD) adalah jurnal pengembangan dan penerapan intervensi keperawatan dalam bidang keperawatan berdasarkan IPTEKS yang menyediakan forum untuk pengabdian kepada masyarakat dan beasiswa yang relevan dengan bidang keperawatan dan profesi terkait kesehatan lainnya. Jurnal CHD adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat peer-review ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Januari dan Juli) oleh Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia, bekerja sama dengan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia. Jurnal ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memahami intervensi keperawatan yang dapat di gunakan dalam pengabdian kepada masyarakat yang kompleks  serta menggunakan desain dan metode paling efektif yang sesuai untuk berbagai pertanyaan tentang pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan. Jurnal ini mencakup semua bidang kesehatan, khususnya keperawatan termasuk pengabdian dalam keperawatan, keperawatan manajemen, keperawatan darurat dan kritis, keperawatan bedah medis, keperawatan kesehatan mental, keperawatan bersalin, keperawatan anak, keperawatan gerontologis, keperawatan komunitas, keperawatan pendidikan keperawatan keluarga, pelengkap, pengobatan alternatif (CAM) dan terapi komplementer dalam keperawanan.