Program Latihan Otago untuk Kesehatan Fisik dan Mental Lansia Selama Pandemi COVID 19 di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Jember

  • Ayesie Natasa Zulka Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Program latihan otago adalah program latihan yang dikembangkan untuk meningkatkan kekuatan fisik dan keshehatan lansia. Program ini dikembangkan selaras dengan renstra pengabdian UM Jember dan kebijakan pemerintah terkait pemeliharaan kesehatan lansia. Program ini bekerja sama dengan posyandu lansia Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Jember. Target dan luaran yang dihasilkan dari program pengabdian masyarakat ini adalah 1) produk jasa berupa pengetahuan dan pelatihan otago bagi lansia dan kader posyandu, 2) tersedia modul atau buku sederhana tentang kesehtan fisik dan mental lansia selama pandemi, 3) Video kegiatan, 4) artikel yang terkareditasi nasional. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah 1) pendampingan, 2) edukasi  dan 3) praktek latihan otago pada lansia dan kader posyandu lansia dengan evaluasi pada proses dan hasil dari kegiatan program latihan otago. Program latihan otago terlaksana pada 7 April 2022 di balai desa Dukuh Mencek dengan diikuti oleh 31 lansia. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi sosialisasi kegiatan,  screening kesehatan fisik dan mental lansia serta pemberian latihan otago. Hasil screening didapatkan bahwa 93,5% lansia tidak berpotensi mengalami gangguan kesehatan mental, dan 61,3% lansia memiliki resiko tinggi jatuh. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan antusias. Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut di posyandu lansia desa Dukuh Mencek.

Published
2022-08-09
How to Cite
ZULKA, Ayesie Natasa. Program Latihan Otago untuk Kesehatan Fisik dan Mental Lansia Selama Pandemi COVID 19 di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Jember. Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 50-56, aug. 2022. ISSN 2723-2050. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/5879>. Date accessed: 03 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.jchd.2022.3.2.5879.