UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI PESANTREN BAITUL QURAN KARANGSALAM KIDUL KABUPATEN BANYUMAS MELALUI PEMBENTUKAN KADER SANTRI

  • Atyanti Isworo Universitas Jenderal Soedirman
  • Yunita Sari Universitas Jenderal Soedirman
  • Akhyarul Anam
  • Annas Sumeru Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penanganan pandemi covid-19 ini, salah satunya adalah penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak. Protokol kesehatan ini diterapkan di semua lini masyarakat, termasuk pula di pondok pesantren. Pola kehidupan pondok pesantren yang sifatnya komunal dan berkerumun, memiliki potensi dalam penularan Covid-19. Melemahnya penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Pondok Pesantren dapat meningkatkan potensi penyebaran Covid-19, seperti penggunaan masker yang tidak benar, tidak menjaga jarak, tidak cuci tangan dengan sabun, dan lainnya. Untuk itu perlu dilakukan upaya untuk mengedukasi santri supaya tetap patuh pada protokol kesehatan Covid-19. Sebagai bentuk salah satu tri dharma perguruan tinggi, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti melatih kader santri tanggap Covid-19 dan memasang media visual terkait upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan pondok pesantren. Sebagai target / tujuan dari kegiatan ini adalah santri di Pesantren Baitul Quran, Desa Karangsalam Kidul, Kecamatan Kedungbanteng, Kab. Banyumas. Kegiatan pengabdian ini sesuai dengan visi UNSOED, “diakui dunia sebagai pusat pengembangan sumber daya perdesaan dan kearifan lokal”, dimana pesantren juga merupakan salah satu wujud kearifan lokal. Metode pelatihan kader santri ini dengan diskusi dan role-play. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dari kader santri tentang covid-19. Lebih lanjut, tim pengabdi juga menghasilkan video dan poster tentang covid-19.

Author Biographies

Atyanti Isworo, Universitas Jenderal Soedirman

Departemen Keperawatan Medikal Bedah

Yunita Sari, Universitas Jenderal Soedirman

Departemen Keperawatan Medikal Bedah

Annas Sumeru, Universitas Jenderal Soedirman

Departemen Keperawatan Medikal Bedah

Published
2022-01-28
How to Cite
ISWORO, Atyanti et al. UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI PESANTREN BAITUL QURAN KARANGSALAM KIDUL KABUPATEN BANYUMAS MELALUI PEMBENTUKAN KADER SANTRI. Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 40-47, jan. 2022. ISSN 2723-2050. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/4799>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jchd.2022.3.1.4799.