Training Manajemen Nyeri Punggung (Low Back Pain) Pada Lansia Dengan Mc Kenzie Exercise Di Kelurahan Mersi Purwokerto Timur

  • Galih Noor Alivian Universitas Jenderal Soedirman
  • Sidik Alaludin
  • Arif Imam Hidayat

Abstract

Latar Belakang: Low back pain (LBP) merupakan rasa nyeri yang dirasakan pada punggung bawah yang sumbernya adalah tulang belakang daerah spinal (punggung bawah), otot, saraf, atau struktur lainnya di sekitar daerah tersebut. Faktor lain yang berhubungan dengan kejadian LBP meliputi karakteristik individu misalnya usia. Usia merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya nyeri punggung pada lansia. Latihan peregangan metode Mc Kenzie merupakan suatu teknik latihan dengan menggunakan gerakan badan terutama kebelakang/ekstensi, biasanya digunakan untuk penguatan dan peregangan otot-otot ekstensor dan fleksor sendi lumbosacralis dan dapat mengurangi nyeri.


Tujuan: Melalui program penerapan IPTEK ini diharapkan para kader posyandu lansia mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang latihan peregangan metode Mc Kenzie dan meningkatkan pengetahuan kader tentang nyeri punggung/ low back pain, ditunjukkan dengan peningkatan nilai skor pengetahuan saat dilakukan pre test dan post test.


Metode: Program penerapan IPTEK ini dilakukan melalui pendidikan kesehatan berbasis kebutuhan melalui metode penyuluhan, diskusi, dan demonstrasi tentang latihan peregangan metode Mc Kenzie dan tentang nyeri punggung/ low back pain. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan penyuluhan adalah 30 orang yang terdiri dari beberapa kader posyandu lansia di kelurahan Mersi Kecamatan Purwokerto Timur.


Hasil: Kegiatan penyuluhan meningkatkan pengetahuan para kader posyandu lansia, skor pengetahuan di ukur sebelum dan sesudah pemberian edukasi,  nilai rata- rata pre test skor pengetahuan kader posyandu lansia adalah (53,33), sedangkan nilai rata- rata post test skor pengetahuan kader posyandu lansia (80.67). Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara nilai skor pengetahuan kader posyandu lansia kelurahan Mersi Kecamatan Purwokerto Timur  terhadap pemahaman tentang latihan peregangan metode Mc Kenzie dan tentang nyeri punggung/ low back pain.


Kesimpulan: Program PKM penerapan IPTEK telah berjalan dengan lancar dan menghasilkan  jasa berupa pemberian penyuluhan oleh para ahli di bidang kesehatan tentang latihan peregangan metode Mc Kenzie dan tentang nyeri punggung/ low back pain.

Published
2021-02-01
How to Cite
ALIVIAN, Galih Noor; ALALUDIN, Sidik; HIDAYAT, Arif Imam. Training Manajemen Nyeri Punggung (Low Back Pain) Pada Lansia Dengan Mc Kenzie Exercise Di Kelurahan Mersi Purwokerto Timur. Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 32-38, feb. 2021. ISSN 2723-2050. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/3540>. Date accessed: 01 mar. 2021.