Pola Hidup Sehat dengan Pendekatan Aktivitas Fisik dan Pengaturan Pola Makan pada Ibu-ibu PKK di Wilayah Desa Sokaraja Tengah

  • Arfin Deri Listiandi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Pramesthi Widya Hapsari Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Dewi Anggraeni Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Indra Jati Kusuma Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Didik Rilastiyo Budi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Neva Widanita

Abstract

Peningkatan prevalensi obesitas menjadi permasalahan gizi tambahan di Indonesia yang di sisi lain masih mengahadapi kasus gizi kurang. Adanya peningkatan kejadian obesitas berbanding lurus dengan meningkatnya penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, hipertensi dan penyakit jantung koroner. Sebesar 25% dari kejadian obesitas penyebabnya adalah perilaku konsumsi berisiko seperti konsumsi minuman kemasan, kebiasaan konsumsi cemilan tinggi gula, garam dan lemak serta kurangnya aktivitas fisik. Intervensi yang berfokus pada perubahan perilaku telah dilakukan melalui media pesan gizi seimbang. Namun sampai sekarang masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang pesan gizi seimbang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan ditengah-tengah kondisi pandemi Covid 19, jadi kegiatan ini berfokus untuk edukasi masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat di masa pandemi melalui gizi seimbang dan aktivitas fisik.

Published
2021-02-01
How to Cite
LISTIANDI, Arfin Deri et al. Pola Hidup Sehat dengan Pendekatan Aktivitas Fisik dan Pengaturan Pola Makan pada Ibu-ibu PKK di Wilayah Desa Sokaraja Tengah. Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-12, feb. 2021. ISSN 2723-2050. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/3337>. Date accessed: 01 mar. 2021.