Self hipnosis Dengan Audiohipnoterapi Untuk Pengendalian Tekanan Darah Dan Nyeri Kepala Pada Kelompok Penderita Hipertensi Sehati Rw I Mersi Kabupaten Banyumas

  • Arif Setyo
  • Agis Taufik
  • Yunita Sari

Abstract

Prevalensi hipertensi di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Masalah utama yang sering dijumpai pada penderita hipertensi adalah tekanan darah yang tidak terkontrol dan nyeri kepala. Kegiatan pengabdian yang dilakukan meliputi pelatihan manajemen nyeri kepala nonfarmakologis, Pelatihan pengukuran tekanan darah, pelatihan  self hipnosis dengan audiohipnoterapi untuk pengendalian tekanan darah dan nyeri kepala pada penderita hipertensi. Hasil evaluasi  kegiatan menunjukkan  92,30% mitra mampu  menjelaskan manajemen nyeri kepala non farmakologis, mampu melakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri serta mampu mendemonstrasikan self hipnosis dengan audiohipnoterapi. Dari 26 anggota kelompok hipertensi  terdapat 12 orang yang sedang mengalami nyeri kepala ringan sampai sedang. Setelah melakukan selfhipnosis dengan audioterapi 11 dari 12 orang tersebut menunjukkan penurunan skala nyeri kepala. Terdapat perbedaan bermakana sebelum dan setelah self hypnosis dengan p value < 0,001 untuk systole, p value 0,011 untuk diastole dan p value < 0,001 untuk nyeri kepala.  Self hypnosis efektif menurunkan tekanan darah dan nyeri kepala kelompok penderita hipertensi.


 


 

Published
2021-02-01
How to Cite
SETYO, Arif; TAUFIK, Agis; SARI, Yunita. Self hipnosis Dengan Audiohipnoterapi Untuk Pengendalian Tekanan Darah Dan Nyeri Kepala Pada Kelompok Penderita Hipertensi Sehati Rw I Mersi Kabupaten Banyumas. Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 24-31, feb. 2021. ISSN 2723-2050. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/3319>. Date accessed: 01 mar. 2021.