PENERAPAN HIPNOCARING GUNA MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE YANG BERLEBIHAN PADA REMAJA DI DESA KEBUMEN, BATURRADEN

  • Koernia Nanda Pratama

Abstract

Kehadiran teknologi yang memanfaatkan internet pada bidang hiburan yaitu game online. Banyaknya warung internet atau game center juga semakin memudahkan game online untuk diakses masyarakat khususnya remaja, sehingga game online sudah menjadi sarana hiburan yang populer dan begitu lekat dikalangan remaja. Metode hipnocaring bekerja di alam bawah sadar manusia sehingga dapat mempengaruhi sikap bahkan perilaku seseorang. Kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan ketergantungan game online anak usia remaja. Metode praktik yang digunakan adalah edukasi dan simulasi terapi. Kegiatan diikuti oleh 28 anak usia remaja. Hasil kegiatan menunjukkan edukasi terapi hipnocaring dapat menurunkan ketergantungan game online anak usia remaja berdasarkan hasil p value=0,042. Masalah ketergantungan game online menggunakaan terapi hipnocaring diharapkan dapat diterapkan di masyarakat secara berkelanjutan terutama sebagai upaya menurunkan kecanduan game online pada anak usia remaja.

Published
2020-05-26
How to Cite
PRATAMA, Koernia Nanda. PENERAPAN HIPNOCARING GUNA MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE YANG BERLEBIHAN PADA REMAJA DI DESA KEBUMEN, BATURRADEN. Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 54-61, may 2020. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/2712>. Date accessed: 10 july 2020.