Effectiveness of Training on Improving Knowledge of Non Communicable Diseases Cadres Rempoah Village Baturraden District Banyumas Regency

  • Eva Rahayu Universitas Jenderal Soedirman
  • Dhadhang Wahyu Kurniawan
  • Dalhar Shodiq

Abstract

Penyakit tidak menular (PTM) telah menjadi masalah kesehatan masyarakat secara global, regional, nasional dan lokal. Pemberdayaan masyarakat melalui Program Pos Pembangunan Terpadu (Posbindu) PTM adalah salah satu strategi dalam menekan jumlah insiden PTM. Pelatihan untuk kader PTM Posbindu diharapkan dapat menambah pengetahuan sasaran dalam mengorganisir Posbindu PTM di Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan peningkatan pengetahuan kader PTM Posbindu di Desa Rempoah, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental. Populasinya adalah kader PTM Posbindu di Desa Rempoah, Kabupaten Banyumas. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 20 orang. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan nilai p pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan adalah: 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan kader efektif meningkatkan pengetahuan kader PTM Posbindu.

Published
2020-05-26
How to Cite
RAHAYU, Eva; KURNIAWAN, Dhadhang Wahyu; SHODIQ, Dalhar. Effectiveness of Training on Improving Knowledge of Non Communicable Diseases Cadres Rempoah Village Baturraden District Banyumas Regency. Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 27-32, may 2020. ISSN 2723-2050. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/2708>. Date accessed: 26 apr. 2024.