%A Cahyadi, Rachmad %A Primasari, Renata %A Samsulhadi, Wiwid %D 2022 %T Survei Survei Kepuasan Pelanggan Tentang Mutu Dan Kualitas Pelayanan Donor Darah Di Unit Tranfusi Darah PMI Kota Surabaya Tahun 2019 %K %X Abstrak Pemerintah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan demi tercapainya harapan dan tuntutan publik. Upaya tersebut dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Untuk itu diperlukan evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan yang telah dilakukan. Salah satu cara untuk memperoleh hasil evaluasi adalah dengan meminta penilaian publik terhadap kualitas pelayanan melalui survei kepuasan pelanggan / masyarakat . Diharapkan setelah dilakukannya evaluasi dengan melalui terlaksananya survei kepuasan pelanggan terhadap para pedonor maupun calon pedonor di UTD PMI Kota Surabaya dapat terwujudnya pelayanan kesehatan yang baik, ramah, nyaman dan sesuai standar operasional prosedur. Survei kepuasan pelanggan ini juga sangat diperlukan untuk mengetahui apakah masih ada kekurangan atau kesalahan yang terjadi terhadap layanan kesehatan di UTD PMI Kota Surabaya Kata Kunci : UTD PMI Kota Surabaya, Survei, Kepuasan Pelanggan   Abstract The government seeks to improve the quality of health services in order to achieve public expectations and demands. These efforts are carried out comprehensively and continuously. For this reason, it is necessary to evaluate the implementation of services that have been carried out. One way to obtain evaluation results is to request a public assessment of service quality through customer/community satisfaction surveys. It is hoped that after the evaluation through the implementation of a customer satisfaction survey for donors and prospective donors at UTD PMI Surabaya City, good, friendly, comfortable health services and according to standard operating procedures are expected. This customer satisfaction survey is also very necessary to find out whether there are still deficiencies or errors that occur in health services at UTD PMI Surabaya Keywords : UTD PMI Surabaya City, Survey, Customer Satisfaction %U http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/4803 %J Jurnal of Community Health Development %0 Journal Article %R 10.20884/1.jchd.2022.3.2.4803 %P 10-15%V 3 %N 2 %@ 2723-2050 %8 2022-08-09