Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

 Journal of Community Health Development

PEDOMAN UMUM

  1. Artikel merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  2. Artikel belum pernah dipublikasikan atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan
  3. Artikel diketik line spasi single dengan menggunakan kertas kuarto (A4) dan jenis huruf Times New Roman ukuran 12
  4. Artikel ditulis dalam (bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dengan menggunakan ragam bahasa ilmiah dan kata yang baku.
  5. Artikel maksimal 15 halaman, termasuk daftar pustaka dan lampiran.
  6. Artikel dikirim dalam bentuk softcopy dengan menggunakan aplikasi Microsoftword ke alamat email: jchd.unsoed@gmail.com atau koernia.pratama@unsoed.ac.id (Setelah mengirim, konfirmasi pengiriman ke Meivita (081391350391)/ Pratama (085726284704).

 

SISTEMATIKA PENULISAN

  1. JUDUL terdiri dari maksimal 20 kata.
  2. NAMA PENULIS (tanpa gelar akademis) disertai dengan alamat email dan nama institusi.
  3. ABSTRAK : Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak terdiri dari maksimal 250 kata dan didalamnya diuraikan tentang latar belakang , tujuan,  metode dan kesimpulan.
  4. KATA-KATA KUNCI (keywords): Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris maksimal 5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma.
  5. PENDAHULUAN : Pendahuluan mencakup latar belakang atau permasalahan, urgensi dan rasionalisasi kegiatan. Tujuan kegiatan yang dilakukan dan rencana pemecahan masalah dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas.
  6. METODE PELAKSANAAN : Berisi Metode pelaksanaan menggambarkan desain kegiatan, lokasi kegiatan dan kegiatan peserta, bahan dan alat, metode pelaksanaan kegiatan, metode pengumpulan data, pengolahan data dan analisis. [Times New Roman, 12, normal].
  7. HASIL DAN PEMBAHASAN : Berisi hasil pelaksanaan kegiatan, kendala yang dihadapi serta dampak dan upaya keberlanjutan kegiatan. Hasil dapat dilengkapi dengan tabel, grafik, gambar maupun bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, mendeskripsikan hasil penyelesaian permasalahan secara jelas, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan, dan implikasi dari temuan
  8. KESIMPULAN : Mengemukakan dampak dan manfaat kegiatan serta rekomendasi untuk kegiatan PkM selanjutnya.
  9. UCAPAN TERIMA KASIH (bila diperlukan)

Dapat digunakan untuk menyebutkan sumberdana kegiatan yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi yang terlibat dalam kegiatan.

  1. DAFTAR PUSTAKA : Tulis referensi dalam format Hardvard. Referensi terdiri dari semua referensi yang digunakan untuk menulis artikel. Pastikan kutipan yang digunakan se-kontemporer mungkin, termasuk yang dari tahun penulisan saat ini. Hapus kutipan literatur yang lebih lama (lebih dari 10 tahun) kecuali ini adalah pusat studi Anda. Referensi harus menghindari penggunaan kutipan sekunder. Silakan gunakan Aplikasi Reference Manager seperti EndNote, Mendeley, Zotero, dll.