Pembuatan Alat Demonstrasi Lengan Tanam pada Mesin Tanam Padi (Rice Transpalter) untuk Pengujian Locus pada Lengan Tanam

-

  • Muhammad Bachtiar Arifin Universitas Brawijaya

Abstract

Pertanian merupakan sektor utama dalam kehidupan di Indonesia. Sektor pertanian sampai sekarang masih tetap memegang peran penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Salah satu kegiatan yang membutuhkan tenaga kerja dan biaya yang relative besar dalam kegiatan pra panen yaitu tanam. Kegiatan tanam di Indonesia khususnya padi pada umumnya dilakukan dengan sitem tanam pindah atau dalam sebutan masyarakat petani jawa adalah Nandur (nata karo mundur), kegiatan tersebut merupakan sistem tradisional yang sangat banyak membutuhkan tenaga kerja. Salah satu mesin tanam yang berkembangakan di Indonesia adalah Mesin Indo Jarwo Transplanter yang bertujuan mempercepat waktu dan menurunkan biaya tanam. Pembuatan alat demonstrasi lengan tanam dimaksutkan untuk memahami bagamana mekanisme kerja dari alat penanam otomatis secara khusus, sehingga mempermudah pembelajaran bagi orang – orang yang akan mempelajari dan mengoprasikan alat tersebut. Harapannya semakin banyak tenaga ahlli dalam pengoprasian dan perekayasaan pada mesin tanam padi mekanis maka pemerataan dan pensebaran tenaga ahli untuk pengoprasian dan perekayasaan alat tersebut menjadi optimal untuk seluruh daerah di Indonesia.

Published
2020-12-28
How to Cite
ARIFIN, Muhammad Bachtiar. Pembuatan Alat Demonstrasi Lengan Tanam pada Mesin Tanam Padi (Rice Transpalter) untuk Pengujian Locus pada Lengan Tanam. JABER : Journal of Agricultural and Biosystem Engineering Research, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 13-18, dec. 2020. ISSN 2722-3620. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jaber/article/view/3429>. Date accessed: 26 feb. 2021.