Distribusi Suhu Udara di Permukaan Chamber Aeroponik dengan Aplikasi Fogging System Menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD)

  • Azhiimatun Qurrotu A’yuni

Abstract

Aplikasi fogging system menjadi salah satu cara dalam menurunkan suhu greenhouse akibat pengaruh efek rumah kaca/greenhouse. Namun, dalam distribusinya droplet pengkabutan seringkali tidaklah merata. Beberapa kendala tersebut seperti bentuk nozzle, ukuran nozzle, ketinggian nozzle, jarak nozzle, jumlah nozzle yang dapat mempengaruhi iklim mikro yang tercipta di dalam greenhouse. Biaya yang besar diperlukan untuk memastikan iklim mikro seperti suhu udara di dalam greenhouse karena harus membangun objek yang sesungguhnya dan alat ukur yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memprediksi distribusi suhu di dalam greenhouse menggunakan simulasi CFDSOF. Efektivitas fogging system ini sangat diperlukan untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan tanaman khususnya pada kondisi suhu udara yang tinggi di dalam greenhouse. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui distribusi suhu udara di sekitar bagian atas tanaman. Penelitian dilaksanakan di Experimental Farm, Fakultas Pertanian dari bulan Januari sampai Maret 2019. Variabel yang diamati adalah distribusi suhu pada greenhouse tipe arch pada aplikasi fogging system. Analisis data menggunakan Computational Fluid Dynamic (CFD), dalam penelitian ini digunakan CFDSOF. Prediksi menggunakan CFDSOF melalui tahap pembuatan geometri, meshing, initial condition, boundary condition, dan simulation model. Simulasi CFDSOF dilakukan selama 15 menit untuk mengetahui distribusi suhu selama fogging system diaplikasikan (dinyalakan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CFDSOF mampu memvisualisasikan distribusi suhu dengan aplikasi fogging system. Fogging system dengan penggunaan suhu air keluaran dari ember penampung sebesar 28°C kurang memberikan efek dingin (penurunan suhu udara) pada saat udara di dalam greenhouse bersuhu tinggi (> 35 °C). Persentase rerata error yang dihasilkan dari hasil simulasi CFD dan pengukuran yaitu 10.5%. Nilai error dapat diturunkan dengan perbaikan asumsi, perbaikan geometri dan input simulasi CFD.

Published
2020-08-11
How to Cite
A’YUNI, Azhiimatun Qurrotu. Distribusi Suhu Udara di Permukaan Chamber Aeroponik dengan Aplikasi Fogging System Menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD). JABER : Journal of Agricultural and Biosystem Engineering Research, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 61-71, aug. 2020. ISSN 2722-3620. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jaber/article/view/3129>. Date accessed: 29 oct. 2020.