Pendugaan Umur Simpan Serbuk Wedang Uwuh Menggunakan Metode ASLT (Accelerated Shelf Life Testing) dengan Pendekatan Arrhenius

  • Nurul Ijayanti

Abstract

Wedang uwuh merupakan minuman kesehatan tradisional khas Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa artinya minuman sampah karena komposisi rempah dari bahan - bahan minuman ini tampak seperti sampah dedaunan dan ranting serta serutan kayu. Serbuk wedang uwuh diracik dengan mengunakan rempah khas Indonesia kayu secang, jahe, pala, daun pala, kayu manis, daun kayu manis, cengkeh, batang cengkeh, daun cengkeh. Penentuan umur simpan produk serbuk wedang uwuh perlu dilakukan untuk mengetahui selang waktu antara awal produksi hinga tidak dapat diterima konsumen akibat adanya penurunan mutu. Mutu serbuk wedang uwuh selama penyimpanan dapat dipertahankan dengan perlakukan pengemasan dan suhu yang tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui umur simpan serbuk wedang uwuh berdasarkan parameter yang terpilih dengan menggunakan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) menggunakan model Arrhenius dan mengetahui jenis kemasan yang mampu mempertahankan mutu minuman lebih baik selama penyimpanan. Parameter yang digunakan adalah parameter yang di anggap mempengaruhi kemunduran mutu produk, yaitu kadar air, kecerahan, dan pH. Pengamatan serbuk wedang uwuh dikemas dengan menggunakan kemasan alumunium foil, plastik polipropilen, kombinasi (Polietilena + alumunium foil), dan kertas lito yang di simpan pada suhu 300C, 400C, dan 500C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar air meningkat selama penyimpanan, tingkat kecerahan cenderung menurun, dan nilai pH mengalami kenaikan seiring penyimpanan. Perhitungan umur simpan dilakukan dengan menggunakan parameter kadar air karena memiliki energi aktivasi terkecil dan R2 terbesar mendekati 1. Hasil perhitungan umur simpan serbuk wedang uwuh pada kemasan alumunium foil adalah 30 minggu, kemasan polipropilen 44 minggu, kemasan kombinasi (Polietilen + alumunium foil) 45 minggu, dan kertas lito 26 minggu.

Published
2020-08-11
How to Cite
IJAYANTI, Nurul. Pendugaan Umur Simpan Serbuk Wedang Uwuh Menggunakan Metode ASLT (Accelerated Shelf Life Testing) dengan Pendekatan Arrhenius. JABER : Journal of Agricultural and Biosystem Engineering Research, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 46-60, aug. 2020. ISSN 2722-3620. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jaber/article/view/3128>. Date accessed: 29 oct. 2020.