Studi Analisis Pengaruh Tekanan dan Komposisi Bahan terhadap Kualitas Briket Arang dari Tempurung Kemiri dan Tempurung Keluak

  • David Khoirul Mustofa

Abstract

Kebutuhan energi semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah populasi manusia, salah satu energi yang umum digunakan adalah energi fosil. Penggunaan energi fosil yang terus – menerus akan mengakibatkan cadangan minyak bumi semakin menipis. Oleh karena itu, diperlukan energi alternatif yang dapat menggantikan energi fosil, salah satunya yaitu biomassa. Tempurung kemiri dan tempurung keluak merupakan biomassa yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan briket arang. Tempurung kemiri dan keluak memiliki potensi untuk diolah menjadi briket, karena mempunyai nilai kalor sebesar 3.319,7 kal/gr sedangkan tempurung keluak memiliki nilai kalor sebesar 4.644,3 kal/gr. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancang Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan dua faktor dan dilakukan tiga kali pengulangan. Faktor yang dipilih pada penelitian ini yaitu tekanan pengepresan dan komposisi bahan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan variasi tekanan dan komposisi bahan memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap nilai densitas, laju pembakaran dan kadar abu. Perlakuan terbaik untuk densitas yaitu pada tekanan 40 kg/cm² dan komposisi bahan (KL 90:KM 0) dengan nilai sebesar 0,81106 gram/cm³, perlakuan terbaik untuk kadar air yaitu pada tekanan 25 kg/cm² dan komposisi bahan (KL 0:KM 90) dengan nilai sebesar 4,93%. Perlakuan terbaik untuk kadar abu yaitu pada tekanan 40 kg/cm² dan komposisi bahan (KL 60:30 KM) dengan nilai sebesar 7%. Perlakuan terbaik untuk laju pembakaran yaitu pada tekanan 40 kg/cm² dan komposisi bahan (KL 0:KM 90) dengan nilai sebesar 0,27773 gram/menit. Perlakuan terbaik untuk nilai kalor yaitu pada tekanan 25 kg/cm² dan komposisi bahan (KL 0:KM 90) dengan nilai sebesar 1810,4 kal/gram.

Published
2020-08-11
How to Cite
MUSTOFA, David Khoirul. Studi Analisis Pengaruh Tekanan dan Komposisi Bahan terhadap Kualitas Briket Arang dari Tempurung Kemiri dan Tempurung Keluak. JABER : Journal of Agricultural and Biosystem Engineering Research, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 23-34, aug. 2020. ISSN 2722-3620. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jaber/article/view/3126>. Date accessed: 29 oct. 2020.