MEMBANGUN EXCELLENCE SERVICE DAN HOSPITALITY MENUJU MASA DEPAN STIFAR YAYASAN PHARMASI SEMARANG YANG LEBIH BAIK

  • Mahmud Mahmud
  • Diana Aqmala Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Dalam dunia pendidikan, jasa adalah ‘produk’ utama yang ditawarkan oleh sebuah instansi pendidikan kepada pelanggannya (stakeholder). Sebuah organisasi dikatakan telah memberikan pelayanan prima bila pelayanan dan kualitas yang dimiliki telah sesuai dengan harapan dan kebutuhan stakeholder. Bentuk pelayanan prima yang diberikan bermacam-macam, misalnya kepedulian karyawan kepada pelanggan, kesediaan karyawan mengambil resiko untuk pelanggan, kesediaan karyawan memberi solusi terhadap masalah-masalah pelanggan di masa depan.


Melaksanakan pelayanan prima menjadi semakin penting dalam berbagai lingkungan yang kompetitif. Dinamika meningkatkan kepuasan pelanggan internal maupun pelanggan eksternal menjadi semakin lebih kompleks. Meskipun ada tantangan yang cukup besar dalam memberikan layanan yang berkualitas tinggi, pelayanan di perguruan tinggi telah mengalami pergeseran bertahap agar tercapai kepuasan pelanggan internal. Pergururuan tinggi sudah banyak yang mempromosikan keunggulan layanan dan mendorong kolaborasi namun relatif kurangnya sistem penghargaan kinerja yang terkait masih menjadi penghalang utama untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang terampil dan berpengalaman.


Karyawan merupakan bagian dari aspek pelayanan yang berperan penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu faktor dapat yang meningkatkan keterampilan pelayanan karyawan adalah pelatihan. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah agar STIFAR Yayasan Pharmasi dapat memberikan pelayanan jasa pendidikan yang semakin baik dari waktu ke waktu agar mahasiswa maupun orang tua yang membiayai memperoleh kepuasan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Dengan terpenuhinya kepuasan konsumen yang ditunjang dari pemberian pelayanan secara prima akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masa depan STIFAR Yayasan Pharmasi baik dalam bertahan diindustri pendidikan sekolah tinggi, meningkatkan daya saing didalam industri, ataupun memperluas pangsa pasar sehingga secara tidak langsung akan menekan biaya operasional dalam sektor promosi.


Apabila tujuan tersebut mampu tercapai maka akan menjadi hal dan pengalaman yang dapat dijadikan bekal untuk para karyawan STIFAR Yayasan Pharmasi agar semakin baik dalam memberikan pelayanan, sehingga merasa betah pula untuk bekerja diinstitusi tersebut.

Published
2020-09-12
How to Cite
MAHMUD, Mahmud; AQMALA, Diana. MEMBANGUN EXCELLENCE SERVICE DAN HOSPITALITY MENUJU MASA DEPAN STIFAR YAYASAN PHARMASI SEMARANG YANG LEBIH BAIK. Darma Sabha Cendekia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 28-32, sep. 2020. ISSN 2721-1851. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/dsc/article/view/2821>. Date accessed: 26 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.dsc.2020.2.1.2821.