Efektivitas Program Pendampingan Kewirausahaan dan Program Pelatihan Berbasis Partisipatory Training Untuk Mendorong Kemandirian Ekonomi Bagi Komunitas Penyandang Disabilitas di Kabupaten Purbalingga

  • Weni Novandari Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Suliyanto Suliyanto Jurusan Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Populasi penyandang disabililtas di Kabupaten Purbalingga terbilang besar, yaitu mencapai 7.885 orang. Mayoritas para penyandang disabilitas tersebut masuk dalam kategori miskin cacat, yang tinggal di desa dengan kemampuan ekonomi kurang Oleh karena itu, dibutuhkan pendampingan dan pemberdayaan bagi kaum disabilitas ini agar mereka memiliki kemandirian dan berdaya secara ekonomi sehingga dapat mengurangi jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Purbalingga.


Kegiatan PPM ini bertujuan untuk menguatkan mental kewirausaaan para penyandang disabilitas dan membekali para penyandang disabilitas dengan ketrampilan yang dapat mereka manfaatkan agar mereka dapat mandiri dan berdaya secara ekonomi.


Metode pelaksanaan kegiatan adalah 1) Memberikan pelatihan pembuatan produk kerajinan dari kayu, 2) Memberikan bantuan alat produksi, berupa mesin scroll saw,mesin gerenda dan mesin bor. 3) Memberikan penyuluhan dengan materi penguatan mental kewirausahaan.


Hasil pelatihan menunjukkan bahwa materi pelatihan yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisik mitra. Dengan pendampingan, diharapkan peserta dapat mempraktikkan ketrampilan yang mereka peroleh dalam kegiatan pelatihan dan memulai usaha untuk membuat dan memasarkan berbagai produk dari limbah kayu.

Published
2019-12-09
How to Cite
NOVANDARI, Weni; SULIYANTO, Suliyanto. Efektivitas Program Pendampingan Kewirausahaan dan Program Pelatihan Berbasis Partisipatory Training Untuk Mendorong Kemandirian Ekonomi Bagi Komunitas Penyandang Disabilitas di Kabupaten Purbalingga. Darma Sabha Cendekia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-36, dec. 2019. ISSN 2721-1851. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/dsc/article/view/2182>. Date accessed: 10 july 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.dsc.2019.1.1.2182.
Section
Articles