KONSTRUKSI WACANA CITRA KEPEMIMPINAN JOKO WIDODO DALAM PENANGANAN COVID-19 PADA INFOGRAFIS CNBC INDONESIA

  • DEDE SUPRAYITNO UNIVERSITAS PARAMADINA

Abstract

AbstraK


Sosok kepemimpinan Presiden Joko Widodo kian diuji selama menangani pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19). Jelas saja, virus corona telah menyebabkan krisis multidimensi. Bukan hanya menghantam sektor kesehatan, krisis ini juga menekan ekonomi dan sosial. Oleh karena itu, diperlukan kepemimpinan yang kuat untuk memobilisasi kekuatan bertahan di masa sulit. Langkah yang dilakukan Presiden Joko Widodo menentukan nasib 270 juta penduduk Indonesia. Tak heran bila setiap langkah yang diambil terekam baik di media cetak maupun elektronik. Salah satunya, konstruksi citra presiden yang terekam melalui informasi grafis (infografis). Melalui platfrom infografis, data menjadi lebih mudah dicerna. Dengan perpaduan teks tertulis maupun gambar, informasi menjadi lebih menarik. Infografis juga mampu memberikan makna melalui serangkaian tanda yang dibentuk dalam desain. Penelitian ini bertujuan, menggali konstruksi citra kepemimpinan Presiden Joko Widodo menangani pandemi Covid-19, yang terbingkai dalam infografis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian analisis wacana kritis Norman Fairclough bersifat deskriptif. Yakni dengan mengambil contoh kasus praktik produksi infografis di media CNBC Indonesia. Data infografis diambil pada periode Maret hingga Juni 2020. Hasil penelitian ini mendeksripsikan bentuk konstruksi wacana citra Presiden Joko Widodo dalam teks infografis CNBC Indonesia. Presiden digambarkan sebagai sosok yang tanggap dalam penanganan pandemi Covid-19.


Kata Kunci: Kepemimpinan, Joko Widodo, Covid-19, Infografis, CNBC Indonesia

Published
2020-11-11
How to Cite
SUPRAYITNO, DEDE. KONSTRUKSI WACANA CITRA KEPEMIMPINAN JOKO WIDODO DALAM PENANGANAN COVID-19 PADA INFOGRAFIS CNBC INDONESIA. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 16, n. 2, nov. 2020. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/3265>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2020.12.2.3265.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.